Lowongan CPNS 2010

Soal Tes CPNS Laris Manis di Kantor Pos

Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sudah dibuka dimanfaatkan para pedagang dadakan

Soal Tes CPNS Laris Manis di Kantor Pos
Tribunnews Batam / Sihat Manalu
Copian Soal Tes CPNS Batam dijual di Kantor Pos Batam
Laporan Sihat Manalu wartawan Tribunnews Batam

TRIBUNNEWSBATAM, BATAM- Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang sudah dibuka dimanfaatkan para pedagang dadakan untuk mengais rejeki. Mereka menjual contoh format lamaran dan amplop.Contoh format lamaran dan amplop tersebut dijual di emperan kantor pos Batam Centre.

Buyung seorang penjual menyebut supaya tidak salah lebih baik dibeli saja contohnya ini. "Kita menjual contoh format lamaran. Biasanya apabila tidak teliti bisa gugur, makannya kami menyiapkan contohnya Rp 5000 dan amplop Rp5000. Tinggal mencontoh saja," kata seorang penjual yang mengaku buyung.

Setiap orang yang datang membawa lamaran dan melihat pengumuman  lamaran yang ditempel di kantor pos,  langsung disodorkan ke mereka. "Ini mas contohnya biar jangan salah menulis. Ini sudah satu paket Rp 10 ribu. Tinggal menulis saja lalu kirim," katanya.

Selain buyung ada juga mengaku Andi menjual fotocopy tes CPNS. Satu bidang studi Rp 10 ribu kalau satu paket yaitu Skolastik, pengetahuan umum dan matematika satu paket harganya Rp 30 ribu tapi bisa diskon jadi Rp25 ribu.

Ketika ditanya dari mana soal-soal tersebut? Andi mengaku mengambilnya dari internet. "Kita ambil dari internet lalu kita print dan kita gandakan. Kita melihat sama soalnya makanya kita perbanyak," katanya, Jumat (19/11/2010).

Andi mengatakan dirinya sudah hampir satu minggu berjualan. Awalnya jualan di dekat kantor Disduk saat. Calon pelamar mengurus legalisir KTP dan KK.

"Saya jualan disana lumayanlah satu hari bisa dapat Rp300 ribu. Karena pelamar sudah banyak ke kantor pos ini menyerahkan lamarannya, saya mindah jualan disini. Ini rejeki tahunanlah bang, hanya sekali setahun aja kita menjual buku ini saat penerimaanm CPNS," katanya.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved