Lowongan CPNS 2010

Komisi Informasi : Sembunyikan Informasi Dapat Dipidana

Komisi Informasi : Sembunyikan Informasi Dapat Dipidana

Laporan Ogas Jambak Wartawan Tribunnews Batam


TRIBUNNEWSBATAM, TANJUNGPINANG- Kisruh CPNS di Kepulauan Riau menjadi sorotan masyarakat luas, berbagi kalangan meminta panitia penerimaan CPNS Kepri untuk membuka semua hasil nilai yang diserahkan oleh Universitas Indonesia.


Namun hal ini engan untuk dilaksanakan oleh BKD Kepri, termasuk Gubenur HM Sani yang menolak untuk berkomentar. Tersumbatnya informasi yang dibutuhkan masyarakat Kepri ini, dapat diadukan ke Komisi Informasi (KI) kepri sesuai Undang-undang Nomor 14/2008 tentang keterbukaan informasi public.


Menurut Wakil Ketua KI Kepri, James Papilaya SH setiap orang perorang atau kelompok orang dapat meminta informasi kepada badan public sesuai UU tersbut. James mengatakan apabila terjadi penolakan pemberian informasi dan pemohon informasi keberatan dengan penolakan atau pemberian informasi yang tidak sesuai dengan permohonan pemohon informasi tersebut, maka pemohon informasi tersebut dapat  mengajukan permohonan sengketa informasi kepada KIP, untuk penyelesaian sengketa informasi.


“Tugas KI adalah menerima, memeriksa dan memutus permohonan sengketa informasi dari pemohon informasi baik melalui mediasi dan atau ajudikasi,” ujar James.


James mengatakan dalam putusan nantinya dapat dinyatakan badan public yang menutup informasi dapat dikenakan pidana. Dia mengatakan orang perorang atau kelompok tersebut dapat mengajukan permohonan secara tertulis kepada badan public, melalui pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di badan public tersebut.


“Jika masyarakat merasa adayang disembunyikan dalam proses penerimaan CPNS ini, peserta, LSM atau kelompok masyarakat dapat mengajukan permohonan tertulis kepada badan public dan menembuskan kepada KI,” ujar James.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved