Hari Kartini

Kartini Cilik SMP Negeri 26 Batam Tampil Berani di Depan Guru

Kartini Cilik Tampil Berani di Depan Guru..

Kartini Cilik SMP Negeri 26 Batam Tampil Berani di Depan Guru
tribunnewsbatam/ ucu rahman
Sebanyak 350 siswa SMPN 26 Batam ini tampil di ajang kontes fashion show.
Laporan Ucu Rahman, wartawan tribunnews batam


 BATAM. TRIBU
N - Ratusan siswa dari SMP Negeri 26 Batam berlenggak lenggok di halaman sekolah. Menggunakan stelan gaun kebaya modern, para kartini cilik ini dengan percaya dirinya bergandengan di depan juri penilai, Kamis (21/4) sekitar pukul 08.00 WIB.

Sebanyak 350 siswa SMPN 26 Batam ini tampil di ajang kontes fashion show. Bukan hanya siswa para guru juga tampil berani memperagakan gaya ala model terkenal. Para kontestan ini akan memperebutkan piagam dan uang pembinaan dari Kepala Sekolah.

"Kontes ini sebagai gambaran bahwa antara wanita dan pria kini tidak ada perbedaan status. Meski begitu wanita tetap tidak meninggalkan kodratnya untuk mengurus rumah. Tinggi karier yang diraih wanita tetap tidak boleh melepaskan semua tugas-tugasnya," ujar Rafiah Kepala Sekolah SMPN 26 Batam.

Rafiah menjelaskan bagaimana sosok Raden Ajeng Ayu Kartini (RA Kartini) jaman dulu dan Kartini-Kartini jaman modern. Sebagai anak ningrat Kartini sangat membantu dunia pendidikan meski beliau sendiri tidak leluasa mencapai pendidikan yang diinginkan. Namun perjuangan Kartini dapat dirasakan hingga sekarang ini.

"Kalau sekarang bagaimana cara memupuk jiwa nasionalisme yang tinggi. Rasaa kebersamaan antara kaum wanita dan laki-laki. Wanita sekarang lebih bebas, kita bisa menuntut ilmu setinggi mungkin beda dengan dulu sekarang asal ada kemauan kita bisa mencapainya. Tapi mengejar setinggi apapun tapi wanita jangan sampai lupa dengan kodratnya," ujar Rafiah.

Kepala sekolah yang juga istri kepala Dinas Pendidikan Batam ini mengaku meski sebagai wanita karier namun wanita harus bisa membagi waktu dan menempatkan dirinya bersama keluarga. "Sekarang sudah banyak wanita yang jadi pemimpin. Dari mulai presiden, di Batam saja sekarang banyak camat-camat yang dari kalangan wanita, " ujarnya.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved