Breaking News:

Pendidikan

Suku Luat Kundur Sudah Menyadari Pentingnya Pendidikan

Berburu Babi Hingga Ke Tembilahan

Suku Luat Kundur Sudah Menyadari Pentingnya Pendidikan
tribunnewsbatam/ ahmad yani
Rumah suku Laut di Kelurahan Sawang Kecamatan Kundur Barat

Laporan Ahmad Yani, Wartawan tribunesbatam.com


TRIBUNEWSBATA, TANJUNGBATU-  Novel berjudul 'Laskar Pelangi', yang ditulis Andrea Hirata juga sedikit mengupas tentang kehidupan dan kebudayaan suku laut. Diceritakan tentang suku laut yang tinggal di wilayah Bangka Belitung. Mereka disebut orang-orang sawang. Orang-orang yang kuat dan hidup dengan kehormatannya. Laut adalah jiwa dan naluri manusianya


Tribun ingin mengajak pembaca melihat sisi-sisi lain dari kehidupan masyarakat suku laut yang ada di Kelurahan Sawang Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.


Edisi pertama pernah diterbitkan ditribun, Selasa (31/5) yang menceritan pendidikan anak-anak suku laut. Mereka menempuh pendidikan layaknya bukan seperti sebuah pendidikan. Namun, semangat mereka untuk belajar tidak pernah berhenti dan tetap ingin merubah masa depanya.


Pada edisi ini, tribun ingin mengajak pembaca menggenal orangtua dari anak-anak suku laut di Kelurahan Sawang. Ternyata, tidak hanya anak-anak mereka yang belajar di Sekolah PAUD Sementara (SPS) ini. namun, orangtua mereka juga turut serta belajar agar tidak ketinggalan zaman. Tribun juga ingin mengajak pembaca setia, melihat kehidupan dan mata pencaharian sehari-hari orang suku laut di Kundur.


Orang suku laut merupakan orang-orang yang mengadalkan penangkapan ikan sebagai nafkah hidup mereka. Mereka berprofesi sebagai nelayan. Kebanyakan dari mereka tinggal di atas rumah perahu yang terapung di muara sungai. Terkadang hidup mereka masih nomaden, dengan cara berpindah-pindah. Untuk itu mereka hanya mengenal kelompoknya atau sukunya sendiri. Masyarakat suku laut cenderung memisahkan diri dari kelompok atau suku lain.

Halaman
1234
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved