Breaking News:

Investasi

11 Januari .. PT Panasonic di Batam Tidak Beroperasi Lagi

11 Januari .. PT Panasonic di Batam Tidak Beroperasi Lagi

Editor:
11 Januari .. PT Panasonic di  Batam Tidak Beroperasi Lagi
Tribunnewsbatam/ zabur anjasfianto
PT Panasonic di Batammindo
Laporan Tribunnews Batam, Zabur Anjasfianto

TRIBUNNEWSBATAM.COM,BATAM - Isu akan tutupnya PT Panasonic dikawasan industri Batammindo (KIB) Mukakuning sudah diketahui oleh ratusan karyawannya. Bahkan beberapa karyawan PT Panasonic sudah mengetahui rencana ditutupnya perusahaan tempat mereka kerja.

 Tidak itu saja karyawan tetap atau permanen sudah dirumahkan dua bulan terakhir. Sementara karyawan kontrak masih mengikuti aktifitas kerja seperti biasa. Menejemen PT Panasonic itu sendiri sudah mengumumkan kepada seluruh karyawan bahwa 11 Januari 2012 merupakan hari terakhir aktifitas kerja dilakukan.

Nurlela salah satu karyawan kontrak PT Panasonic mengatakan sebagian karyawan permanen sudah dirumahkan. Untuk pembayaran pesangon bagi karyawan kontrak hanya dibayar sisa kontraknya saja. Sementara karyawan tetap akan dibayar pesangonnya sesuai dengan masa kerjanya. "Saya kontra dua tahun dan sudah bekerja satu tahun enam bulan. Jika perusahaan tutup, sisa kontrak saja yang dibayar,"ujar Nurlela.

Nurlela yang ditemani rekan sekerjanya itu mengaku kalau pengumuman akan ditutupnya perusahaan tersebut sudah disampaikan pihak perusahaan beberapa bulan lalu. "Menejemen tidak memberikan alasan kenapa perusahaan itu akan tutup. Yang jelas penutupan perusahaan ini bukan isu tapi memang benar akan hengkang dari Batam,"ujarnya.

Sementara menejemen PT Panasonic belum berhasil dihubungi. Security tidak memberikan izin masuk untuk menemui pihak menejemen. "Maaf, pihak menejemen menyampaikan belum siap memberikan keterangan terkait akan tutupnya perusahaan ini,"ujar salah satu security PT Panasonic.

Sebelumnya, Kordinator Garda Metal FSPMI Batam, Suprapto mengatakan
yang sudah dipastikan tutup dan berhenti memproduksi komponen Harddisk dan hardware serta batere adalah PT Panasonic yang berlokasi di KI Batamindo. Namun ia menambahkan tutupnya PT Panasonic sudah diberitahu sejak dua tahun lalu.

"SPMI sudah mengetahui Panasonic tutup sejak dua tahun lalu, ketika ada pengurangan karyawan, mereka sudah menghitung pesangon hingga karyawan yang masih bekerja saat ini. Mereka tutup karena produknya sudah tidak kompetitif," terangnya.

Seperti diberitakan sebelumnya isu akan tutupnya PT Panasonic di tahun ini di bantah oleh Dwi Djoko Wiwoho Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam. Sebab, sampai sejauh ini belum ada laporan surat secara resmi dari PT Panasonic masuk ke BP Batam.

"Kalau itu (PT Panasonic, red) belum ada laporan masuk ke kita. Karena, apabila ada perusahaan tutup harus ada laporannya ke kita,"imbuhnya. (bur)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved