Breaking News:

Investasi

Perluasan Pelabuhan Batu Ampar Serap APBN Rp 366 Miliar

Perluasan Pelabuhan Batu Ampar Serap APBN 366 Miliar

Editor:
Perluasan Pelabuhan Batu Ampar Serap APBN Rp 366 Miliar
tribunnews batam / istimewa /int
Ilustrasi Pelabuhan Batuampar Batam
Laporan Tribunnewsbatam. Nazarrudin Napitu

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Ditahun 2011, Pelabuhan Peti Kemas Batu Ampar kini sudah mengalami over kapasitas sekitar 150ribu TEUs‎​ (Twenty Feet Equivalent Units) dengan total 350ribu TEUs dari kapasitas maksimal menampung kargo sebesar 200ribu TEUs.
Maka dari itu, selaku pemilik aset pelabuhan, BP Batam akan menggelar lelang untuk proyek perluasan pelabuahan peti kemas Batu Ampar di tahun 2011.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, untuk lelang perluasan pelabuhan tersebut akan digelar pada bulan Februari 2011 mendatang. Dimana, perluasan pelabuhan akan dilakukan dibagian utara dermaga pelabuhan Batu Ampar.

"Panjang perluasannya 660 meter, dari existing (kondisi sekarang, red) 350 meter. Jadi, total panjang nantinya 1010 meter,"ujar Djoko dikantornya. Kamis (12/1).

Djoko mengatakan, untuk proyek perluasan tersebut nantinya dilakukan secara multiyers atau bertahap selama tiga tahun kedepan, dengan menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar 366 Miliar.

"Pembangunannya bertahap, tahun pertama pagu anggaran sebesar Rp 63,7 Miliar, tahun kedua Rp 200 Miliar, dan tahun ke tiga Rp 102 Miliar,"paparnya.

Jika nantinya perluasan itu telah selesai dibangun, maka kapasitas pelabuhan peti kemas Batu Ampar diperkirakan akan berkapasitas sekitar 400-600 TEUs.

Djoko memprediksi, untuk pertumbuhan kontainer atau peti kemas di tahun 2011 akan mencapai lebih dari 10 persen.

Dalam perluasan pelabuhan tersebut, pihak BP Batam juga akan menambahkan sarana dan prasarana berupa dua crane pengangkut peti kemas berkekuatan 40 Ton.

"Yang ada saat ini 3 crane, satu berkekuatan 40 Ton dan dua crane berkekuatan 1 Ton. Dan untuk perluasan nanti kita tambah 2 crane lagi dengan kekuatan 40 Ton. Kalau crane punya swasta banyak,"jelasnya.

Pelabuhan Batu Ampar adalah pelabuhan bongkar muat terbesar dari tiga fasilitas pelabuhan bongkar muat yang ada di Batam dan pelabuhan terbesar untuk barang-barang manufaktur yang digunakan perusahaan untuk memasok sektor industri di Batam. Dua pelabuhan lainnya adalah Pelabuhan Barang Kabil dan Pelabuhan Sekupang

Di antara pelabuhan-pelabuhan tersebut, Batu Ampar adalah pelabuhan yang berhadap-hadapan langsung dengan Singapura. Bahkan Batu Ampar diharapkan dapat menarik sebagian dari jumlah kapal kargo yang biasa berlabuh di Singapura. (naz)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved