Kesehatan

BKKBN Kepri Latih 9 Dokter dan 21 Bidan di Karimun

BKKBN Kepri melatih 9 dokter dan 21 bidan di Kabupaten Karimun, 3-5 April 2012

BKKBN Kepri Latih 9 Dokter dan 21 Bidan di Karimun
Tribun batam/ Iswidodo
Petugas dari BKKBN Kepri .
Laporan Tribunnews Batam, Kartika Kwartya

TRIBUNNEWSBATAM, KARIMUN- BKKBN Kepri melatih 9 dokter dan 21 bidan di Kabupaten Karimun, 3-5 April 2012. Pelatihan medis kontrasepsi terkini (CTU) tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan dokter dan bidan dalam pelanan KB ke masyarakat.

Kepala Perwakilan BKKBN Kepri, Sunarto mengatakan pihaknya targetkan 70 persen peserta KB baru di Kepri gunakan kontrasepsi jangka panjang. Seperti implant, IUD (spiral), vasektomi, dan tubektomi.

"Pelayanan KB jangka panjang hanya bisa dilakukan oleh dokter dan bidan yang telah mendapat pelatihan peningkatan keterampilan pelayanan. Untuk meningkatkan peserta KB jangka panjang, maka tenaga medisnya juga perlu ditambah," kata Sunarto beberapa waktu lalu.

Menurutnya tahun ini ada 70 dokter dan 84 bidan yang mendapat pelatihan. Pelatihan serupa juga telah dilakukan pada 2011 dengan 48 dokter dan 252 bidan peserta dari tujuh kota/kabupaten se-Kepri.

Sunarto mengatakan akan sulit bagi Kepri untuk menekan angka kelahiran jika penduduknya tidak menggunakan kontrasepi jangka panjang. Kondisi Kepri yang terdiri dari pulau-pulau sulit dijangkau oleh petugas KB.

"Sehingga yang dibutuhkan kontrasepsi jangka panjang," katanya.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved