Breaking News:

Investasi

PT Oil Tanking-BP Karimun Tandatangani MoA

PT Oil Tanking-BP Karimun Tandatangani MoA, Upayakan Pekerja Dari Warga Tempatan

Editor:
PT Oil Tanking-BP Karimun Tandatangani MoA
Tribunnewsbatam/ rachta Yahya
Nurdin Basirun

Laporan Rachta Yahya, wartawan Tribunnewsbatam.com

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN – Satu lagi perusahaan raksasa asal Eropa berinvestasi di kawasan perdagangan dan pelabuhan bebas atau Free Trade Zone (FTZ) Karimun yakni PT Oil Tanking, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang minyak dan gas (migas). Perusahaan ini berada di selatan PT Karimun Sembawang Shipyard, sebuah perusahaan galangan kapal di Pasir Panjang, Kecamatan Meral dengan luas lahan sekitar 25 hektare (ha) dan dana yang dikucurkan sekitar 500 juta Dolar Amerika Serikat.
 
Dan kemarin (Jumat, 4/5/2012, red) sekitar pukul 10.00 WIB, dilakukan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara PT Oil Tanking dengan Badan Pengusahaan (BP) Kawasan Karimun di ruang rapat pusat pemerintahan Kabupaten Karimun, Poros, Kecamatan Tebing. Penandatanganan tersebut dilakukan oleh General Manager (GM) PT Oil Tanking, Seven Martin Partzch dan Ketua BP Kawasan Karimun, HM Taufiq Ilyas dengan disaksikan langsung oleh Bupati Karimun, Nurdin Basirun.
 
HM Taufiq Ilyas dalam kata sambutannya berterimakasih kepada pihak PT Oil Tanking atas ditunjuknya Kabupaten Karimun sebagai projeck storing (penyimpanan) di Indonesia. HM Taufiq juga mengatakan rencananya PT Oil Tanking sejak 2 tahun lalu masuk tahap land clearing (pembersihan lahan) dan ke depannya masuk ke tahap land construction (konstruksi).
 
“Sejak 2 tahun lalu, PT Oil Tanking tengah melakukan tahap land clearing dan sebentar lagi masuk tahap konstruksi. Lokasinya berada di selatan PT Karimun Sembawang Shipyard dengan luas lahan sekitar 25 hektare,” ujar HM Taufiq Ilyas.
 
Perusahaan asal Jerman ini rencananya akan membangun 40 buah tanki ukuran besar dan kecil sebagai project storing yang akan kembali dijual ke dalam dan luar negeri.
 
Mantan Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun itu mengakui dengan masuknya PT Oil Tanking ini, akan menciptakan lapangan pekerjaan yang luas bagi masyarakat Karimun pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.
 
“Kita patut berbangga hati, dengan adanya PT Oil Tanking ini, Karimun ikut berkontribusi dalam segi pertahanan di bidang energi. Kepada semua pihak, mari sama-sama kita jaga situasi kondusif di Karimun sehingga investasi nyaman,” katanya.
 
Sementara itu, GM PT Oil Tanking, Seven Martin Partzch dalam sambutannya mengaturkan permohonan maafnya atas batalnya kehadiran Presiden Direktur PT Oil Tanking yang sedianya hadir dalam pertemuan penandatanganan MoA tersebut.
 
“Kami sangat berharap kerjasama dengan BP Kawasan Karimun bisa terjalin dengan baik ke depannya sehingga apa yang kita cita-citakan tercapai. Saya juga mohon maaf, Presiden Direktur PT Oil Tanking batal hadir dikarenakan ada urusan mendadak di Amerika Serikat,” kata Seven Martin Partzch dalam bahasa Inggris.
 
Pada kesempatan itu, Bupati Karimun, Nurdin Basirun berjanji akan menciptakan birokrasi yang sehat dan lebih baik ke depannya. Nurdin juga meminta kepada pihak PT Oil Tanking agar senantiasa berkoordinasi dengan Pemkab Karimun dalam hal ini BP Kawasan Karimun jika ditemukan kendala-kendala dalam upaya menjaga kenyamanan investasi PT Oil Tanking.
 
Terkait MoA yang terjalin antara PT Oil Tanking dengan BP Kawasan Karimun dikatakan seorang staf BP Kawasan Karimun antara lain terkait pekerja dan sumber daya listrik. Untuk pekerja, PT Oil Tanking akan mengupayakan banyak diisi oleh warga tempatan dengan strata pendidikan dan keahlian yang benar-benar dibutuhkan PT Oil Tanking. Sementara untuk kelistrikan, PT Oil Tanking meminta pihaknya diberi kebebasan dalam menjalin kerjasama dengan pihak manapun.
 
“Jumlah poin kerjasamanya saya lupa tapi kertas MoA –nya sebanyak 18 lembar. Diantaranya terkait ketenagakerjaan dan kelistrikan,” ujar narasumber Tribunnewsbatam.com di internal BP Kawasan Karimun itu. (yah)
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved