Kesehatan

BPMPKB Bintan Kekurangan Tenaga Penyuluh

--Giatkan Kelompok Binaan

BPMPKB Bintan Kekurangan Tenaga Penyuluh
Tribun Batam/ Istimewa
Logo BKKBN Kepri
Laporan Tribunnews Batam, Ikhsan

BINTAN, TRIBUN - Tenaga penyuluh program Keluarga Berencana di Kabupaten Bintan ternyata masih minim.


Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Kabupaten Bintan, Kartini mengakui, kekurangan ini menjadi salah satu kendala penerapan program tersebut secara keseluruhan di Bintan.


Saat ini disebutkannya, Kabupaten Bintan hanya terdapat 10 petugas lapangan KB (PLKB) yang tersebar di 10 kecamatan yang ada. Seharusnya, menurut Kartini, setiap Desa/Kelurahan ada 1 petugas lapangan.


"Minimnya jumlah tenaga PLKB ini ditambah lagi dengan kondisi Kabupaten Bintan yang terbilang luas, terdiri dari daerah pesisir atau kepulauan," sebutnya, usai pelatihan peningkatan kompetensi Petugas Penyuluh Keluarga Berencana Desa (PPKBD) dan Pembantu PPKBD, Kabupaten Bitan di Hotel Plaza Bintan, Rabu (30/5).


Berdasarkan sensus penduduk tahun 2010, di Kabupaten Bintan saat terdapat sebanyak 142.382 penduduk yang berdomisili di 50 kelurahan dan desa. Sementara luas daerah ini adalah 59.852,01 km2, terdiri dari beberapa pulau.


Namun Kartini menyebut, pihaknya selama ini dalam penerapan KB tidak hanya sekedar mengejar angka (kwantitas) akseptor KB, tapi juga kualitasnya.


“Kami berupaya tidak hanya berpedoman kepada jumlah anak, alat kontrasepsi dan sebagainya. Tetapi lebih cendrung memperkuat ketahanan keluarga dengan KB tersebut,” sebutnya.


Semakin cepat pencapaian ketahanan keluarga dalam program ini, Target peningkatan kulitas kesejahteraan masyarakat diharapkan bisa terwujud. “Pendidikan maupun kesehatan keluarga akan bisa terpenuhi hingga mencapai masa emas,” ujar dia.


Dalam memperlancar proses pemahaman masyarakat terhadap KB, BPMPKB sebutnya memiliki beberapa program untuk menunjang kelancaran tugas PLKB.


Salah satunya dengan menggiatkan kelompok binaan, seperti Bina Kelompok Balita, Bina Kelompok Remaja dan Bina Kelompok Lansia. Selain itu, PLKB ini juga dibantu oleh para kader KB yang berstatus sebagai tenaga honorer rekrutan BPMPKB.


Kemarin, sebanyak 51 peserta yang terdiri dari kader Keluarga Berencana se Kabupaten Bintan mengikuti pelatihan ini.


Dalam kegiatan ini juga dilakukan penyerahan hadiah pada Kader Bina Keluarga Balita terbaik di Bintan.


Kader Bina Keluarga Balita dari Kecamatan Seri Kuala Lobam terpilih sebagai kader terbaik di tingkat Provinsi Kepulauan Riau dan akan mewakili ke tingkat nasional yang akan dilaksanakan di Jakarta 13-16 Juni mendatang. (san)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved