Kesehatan

Minta Pemerintah Tingkatkan Anggaran Kesehatan

Minta Pemerintah Tingkatkan Anggaran Kesehatan

Minta Pemerintah Tingkatkan Anggaran Kesehatan
Tribun Batam/ Ahmad Yani
Jembatan di Kundur Utara
Laporan Tribunewsbatam, Ahmad Yani.

TRIBUNEWSBATAM, TANJUNGBATU- Anggaraan untuk dunia pendidikan di Kabupaten Karimun diminta  seimbang dengan anggaran kesehatan. Karena selama ini dinilai, pihak guru lebih diperhatikan dari pada pihak tenaga kesehatan. Demikian dikatakan oleh salah seorang tokoh masyarakat Kundur, H Arifin.

Arifin mengatakan, selama ini guru honor pun ikut diistimewakan, padahal dalam kesehariannya, tim medis bekerja selam 24 jam sehari dan memperjuangkan nyawa orang lain. Namun hal itu tidak diperhatikan oleh pemerintah baik eksekutif maupun legislatif.

"Kalau kita melihat, selama ini Dinas Kesehatan di anak tirikan, sehingga untuk melakukan terobosan atau mengutus tenaga kesehatan di pulau-pulau banyak yang tidak mau, karena tunjangan berikut dengan bonus tidak disediakan oleh Pemkab. Tapi kenapa untuk guru honor betul-betul istimewa," ujar Arifin, Minggu (30/9).

Dikatakannya, memang pendidikan dianggap penting dan diprioritaskan, sampai-sampai dalam membeli sesuatu dengan cara kredit tidak perlu agunan (jaminan). Tapi perbandingannya dengan tenaga kesehatan adalah, bertaruh dengan nyawa dan tidak ada yang istimewa.

"Sudahlah banyak saja pasien yang minta macam-macam, tidak mau pakai selang bekas saat dirawat. Tugas kesehatan ini betul-betul menyelamatkan nyawa seseorang. Jadi sudah saatnya Pemkab Karimun beseta legislatif membuka mata dengan kenyataan yang ada dilapangan saat ini. Bagaimana kualitas tenaga kesehatan di pulau-pulau akan maju dan bekerja dengan baik, kalau tidak dibarengi dengan bonus seperti guru-guru yang di pulau," katanya.

Dalam hal ini lanjut Arifin, pihak eksekutif dan legislatif harus ada perimbangan tentang anggaran untuk tahun selanjutnya, baik dari tenaga kesehatan maupun tenaga pendidikan.

Sehingga kemajuan dari pendidikan dan kesehatan maysarkat juga akan terjadi peningkatan. Hal ini juga akan meningkatkan mutu masyarakat, karena dirawat oleh tenaga kesehatan yang betul-betul punya semangat yang kuat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat.(aan)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved