Pemandian Air Panas Pulau Buru Dianggarkan Rp 2 Miliar

Anggaran Rp 2 Miliar akan digelontorkan untuk menggarap pemandian air panas dan masjid tertua kedua di Kepri yaitu Masjid Abdul Gani

Pemandian Air Panas Pulau Buru Dianggarkan Rp 2 Miliar
tribunnewsbatam.com/m sarih
Objek wisata pemandian air panas di Pulau Tanjung Batu Kecil Kecamatan Buru kabupaten Karimun.
Laporan Tribunnews Batam, M Sarih

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN-  Dinas Pariwisata Seni Budaya Karimun akan menggelontorkan anggaran untuk pembangunan objek wisata di Pulau Buru. Anggaran sekitar Rp 2 Miliar ini akan digunakan untuk peningkatan fasilitas destinasi wisata unggulan.
"Anggaran sekitar Rp 2 Miliar telah disiapkan untuk itu. Anggaran ini berasal dari sharing antara Kabupaten dan Provinsi pada tahun anggaran 2013 mendatang," kata Kepala Dinparsebud Karimun Syuryaminsyah atau kerap disapa Wak Min kepada Tribun, kemarin.
Alasan penggarapan objek wisata Buru tersebut, jelas Wak Min, sebab objek wisata di kawasan ini cukup menjanjikan. Terlebih wisata religi sekaligus bersantai sangat cocok dijadikan sebuah wisata petualangan menarik dan mengesankan bagi wisatawan. 
"Kita jadikan unggulan karena selain banyak objek wisata, di Buru juga terdapat rujukan untuk kunjungan paket wisata. Sekali berangkat bisa menikmati beberapa objek wisata. Berwisata sekaligus berpetualangan," ungkapnya.
 
Di Kecamatan Buru terdapat beberapa objek wisata menarik yang jika dikemas dalam satu paket destinasi wisata, sangat menjanjikan. Di Pulau Buru terdapat wisata sejarah seperti Makam Badang, Perigi Batu dan Masjid Tertua kedua di Kepri, Masjid Abdul Gani.
 
Di Pulau Buru juga terdapat beberapa situs bersejarah yang meninggalkan cerita dan hikayat walau belum tersentuh arkeolog dan para ilmuwan untuk membuktikannya. Selain itu di Pulau Buru juga terdapat satu objek wisata Pantai Ambat yang cukup elok namun belum dikemas secara maksimal.
Masih di Kecamatan Buru, khususnya di Pulau Tanjung Batu Kecil, objek wisata yang jarang dijamah penggila wisata di antaranya terdapat pemandian air panas. Dikabarkan sebelumnya untuk fasilitas penginapan seperti cottage sudah dilirik investor asing di pulau ini.
Untuk memaksimalkan fasilitas destinasi wisata itulah, Masjid Abdul Gani akan direnovasi dengan anggaran sekitar Rp 1 Miliyar. Untuk fasilitas pemandian air panas disebutkan Wak Min, akan dianggarkan sekitar Rp 600 juta dari Provinsi Kepri. 
 
Sementara itu masih untuk meningkatkan fasilitas wisata di Pulau Buru, melalui Dinas Perhubungan juga akan diadakan becak motor dengan anggaran sekitarsekitar Rp 500 juta. Keberadaan becak motor ini akan ditempatkan Kelurahan Buru dan Tanjung Batu Kecil sekitar 20 unit. 
 
Wak Min mengatakan, usulannya yang hampir mendapat respon penganggar di legislatif itu sesuai dengan hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten sebelumnya. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved