Investasi

Investor Rusia Akan Bangun Hotel di Berakit

Ansar Siapkan Agenda Tahunan Pariwisata

Laporan Tribunnews Batam, M Ikhsan

TRIBUNEWSBATAM, BINTAN- Wilayah Tanjung Berakit, Kecamatan Teluk Sebong tampaknya akan dipoles jadi salah satu lokasi wisata andalan Bintan. Selain Pelabuhan Ferry Internasional Tanjungberakit 2013  akan beroperasi di lokasi tersebut akan dibangun kawasan resort dengan hotel dan fasilitas lengkap.

Bupati Bintan, Ansar Ahmad mengatakan investor dari Rusia sudah menyatakan kesiapannya menanamkan modal di lokasi itu. "Ada investor dari Rusia yang akan berinvestasi di sana. Luas wilayah resort yang akan dibangung sekitar 50 hektare," ujar Ansar, saat dijumpai di Lagoi belum lama ini.

"Potensi wilayah ini cukup besar. Di Berakit ada konservasi komunitas dugong, konservasi padang lamun. Kita juga berupaya membangun lokasi untuk home stay yang mungkin bisa dimanfaatkan para pelajar saat musim liburan," tambahnya.

Konsentrasi pemda di sektor pariwisata cukup serius. Beberapa resort-resort baru di wilayah pantai timur Bintan akan menjadi akses baru dan bisa menyerap banyak tenaga kerja wisata.

Sumber Daya Manusia untuk menunjang itupun sudah dipersiapkan jauh-jauh hari. "Kita sudah persiapkan SDM dari sekolah pariwisata.  Anak-anak pulau yang tidak bisa melanjutkan kuliah kami seleksi dan berikan beasiswa untuk sekolah di Sahid Bintan Tourism, sudah lebih dari 300 anak selama ini yang diluluskan, dan 98 persen dari jumlah itu sudah tertampung sebagai karyawan baik di Lagoi dan sebagainya," papar Ansar.

Bintan Resort di Lagoi dan Trikora akan menjadi spektrum wisata di pulau Bintan. Ke depannya akan dikembangkan juga wilayah Sebong Pereh dan Central Bussiness District (CBD) di wilayah Bintan Buyu.

Seperti diketahui 60 persen PAD Bintan berasal dari sektor pariwisata. Kawasan Lagoi menjadi penyumbang terbanyak selama ini dengan hampir Rp 60 miliar per tahun.

Menurutnya Ansar, skala event-event wisata akan diperbesar dengan menstimulasikan berbagai event. Untuk mengembangkan kawasan pantai timur misalnya akan diadakan internasional maratahon 40 kilometer dari Tanjungpinang ke Teluk Bakau, Bintan.

"Bintan diharapkan jadi penopang wisata setelah Bali. Annual event akan kita satukan dengan yang ada di Kepri. Jadi serentak nantinya event wisata seperti Tour de Bintan di Bintan, Batam  Jazz Festival, Tamadun Melayu di Tanjungpinang hingga Internasional Marathon 40 Kilometer," terang Ansar.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved