Market

Kejar Target, Stok Mobil Baru Menumpuk

WS sudah mencapai 1.026.602 unit. Sedangkan ritel 996.361 unit.

TRIBUNNEWSBATAM, JAKARTA - Perbedaan whole sale (WS) dan ritel yang cukup besar sampai akhir bulan lalu, mengindikasikan stok mobil baru di dealer atau pun produsen cukup besar.

Berdasarkan data sementara yang diperoleh KompasOtomotif (Tribun Network), WS sudah mencapai 1.026.602 unit. Sedangkan ritel 996.361 unit. Berarti terdapat perbedaan - menjadi stok - sekitar 30.000 ribuan.

Johnny Darmawan, Ketua III GAIKINDO mengakui hal tersebut. "Terdapat perbedaan cukup besar antara WS dengan ritel sampai November lalu ini. Belum lagi perbedaan dengan yang didaftarkan di kepolisian," jelas Johnny.

Akibatnya, stok "nongkrong" cukup lama dan menurut Jophnny sudah satu bulan lebih. Sedangkan untuk Toyota lebih pendek. Ditambahkan, kondisi tersebut bisa berlangsung  sampai Desember ini karena ATPM berusaha mengejar pertumbuhan WS yang tinggi.

Perang Diskon
Kalau kondisi seperti di atas berlanjut, dikhawatirkan di awal tahun depan, persaingan makin ketat. Untuk menekan stok, ATPM akan memperpanjang promo sampai kuartal pertama 2013.
"Terjadi lagi  perang diskon di awal tahun depan," tukas Johnny sambil tertawa.

Pada Desember ini, Johnny memprediksi total penjualan akan sedikit menurun di bandingkan dari bulan-bulan sebelumnya karena hari kerja yang lebih sedikit.

"Saya rasa sekitar 90.000-an. Kemungkinan tidak di bawah itu. Sejumlah merek "ngotot" berproduksi sampai akhir Desember," tutup Johnny.(kcm)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved