Market

Nissan Siap-siap 'Jegal' Agya-Ayla

"Untuk mobil murah, kami akan punya dua. Satu merek Nissan dan satu lagi adalah Datsun,"

TRIBUNNEWSBATAM, JAKARTA - Peraturan pemerintah soal regulasi mobil murah dan ramah lingkungan (Low Cost and Green Car/LCGC) terus dinanti para pabrikan mobil, tak terkecuali Nissan.

Mereka mengaku telah siap begitu regulasi itu terbit. Meski tidak segencar Toyota dan Daihatsu yang terus menggembar-gemborkan mobil murahnya Agya-Ayla, Nissan tengah merencanakan untuk memboyong dua model mobil murah sekaligus ke Indonesia.

"Untuk mobil murah, kami akan punya dua. Satu merek Nissan dan satu lagi adalah Datsun," kata Vice President Director Sales dan Marketing Nissan Motor Indonesia, Teddy Irawan, Kamis 13 Desember 2012.

Namun sayang, Teddy masih menutup rapat-rapat berapa harga dan spesifikasi dari mobil murahnya itu. "Nissan pasti ikut program mobil murah. Kami rasa pemerintah memiliki alasan yang baik. Jadi, buat apa mundur," ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur Nissan Motor Indonesia, Kintaro Izumida, mengatakan bahwa kendaraan LCGC miliknya yakni Datsun bakal dibanderol di bawah Rp100 juta. Meski memiliki harga yang terjangkau, Kintaro memastikan Datsun akan memiliki spesifikasi tinggi.

Nissan sendiri telah mempersiapkan dana US$400 juta atau sekitar Rp3,6 triliun untuk investasi tersebut, demi meningkatkan kapasitas produksi dari 100 ribu menjadi 250 ribu unit per tahun.

Datsun baru akan diperkenalkan pada 2014, setelah pabrik baru Nissan di Purwakarta, Jawa Barat, sudah siap berproduksi. Nantinya, pabrik itu dapat memproduksi kendaraan hingga 100 ribu lebih per tahun. (vvn)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved