IMLEK 2013

Pelabuhan Domestik Masih Sepi, Banyak Kapal Penumpang Nganggur

Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam, Kepri, ternyata masih saja sepi dari penumpang yang hendak merayakan Imlek di luar Batam, Jumat (5/2/2013).

Laporan Tribunnews Batam, Ahmad Yani 

TRIBUNNEWSBATAM.COM - Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS), Batam, Kepri, ternyata masih saja sepi dari penumpang yang hendak merayakan Imlek di luar Batam, Jumat (5/2/2013).

Sepinya pelabuhan ini tak seperti beberapa tahun sebelumnya. Menurut petugas di pelabuhan, sepinya pelabuhan ini tak lepas dari beroperasinya pelabuhan di Harbour Bay, Batu Ampar.

Pantaun di PDS, tempat duduk ruang tunggu di pelabuhan ini tampak sepi. Bahkan terlihat banyak yang kosong. Petugas Syahbandar juga terlihat santai dan tidak kewalahan.

Erwin Sjafrizal Petugas Syabhandar Pelabuhan Domestik Sekupang mengatakan, setiap menjelang perayaan Imlek, apalagi dua hari menjelang Imlek, para penumpang dipastikan dipadati etnis Tionghoa.

"Namun saat ini penumpang yang melewati pelabuhan domestik Sekupang masih biasa, tidak ada kepadatan  seperti tahun lalu, terkhusus penumpang tujuan Tanjungbatu dan Tanjungbalai Karimun. Karena dua wilayah inilah yang banyak penumpang jika menjelang Imlek. Bahkan tahun ini tidak ada penambahan armada,"  kata Erwin.

Menurutnya, tahun lalu (2012) ruang tunggu PDS sesak dengan penumpang etnis Tionghoa. Tapi tahun 2013 ini kepadatan penumpang tidak seperti tahun yang lalu.

"Kalau tahun lalu, ruang tunggu PDS ini penuh, ramai bahkan gak bisa lewat, tapi tahun ini biasa biasa aja. Hal itu dikarenakan, banyak penumpang melewati pelabuhan Harbourbay, yah bagi bagilah. Kita Syahbandar juga gak kewalahanlah seperti tahun lalu," ujar Erwin.
 
Menurunya jumlah penumpang yang melewati pelabuhan domestik Sekupang juga dirasakan sejumlah Agen Kapal seperti MV. Mikonatalia dan SB. Seetech. 

Tahun lalu menjelang dua hari perayaan Imlek MV. Mikonatalia menambah armadanya. Dua agen kapal ini merupakan kapal yang membawa penumpang  tujuan  Tanjungbalai dan Tanjungbatu.

Agen MV. Mikonatalia, Arifin mengatakan, tahun lalu menjelang perayaan Imlek atau dua hari Imlek, MV Mikonatalia ada penambahan  armadanya. Namun tahun ini tidak ada penambahan armada. Bahkan penumpang makin berkurang.

"Dua hari menjelang Imlek biasanya ramai penumpang. Kapasitas MV Mikonalia bisa menampung 350 penumpang, tapi untuk hari ini saja penumpang hanya 110 orang. Bahkan kapal kami (MV Mikonatalia) ada yang nganggur. Kalau tahun lalu, pasti ada penambahan armada kami," kata agen kapal MV. Mikonatalia, Arifin.

Speed boat (SP) Seetech tujuan Tanjungbatu dan Tanjungbalai juga turut sepi. Agen SB Seetech jamaludin mengatakan, saat ini penumpang banyak terbagi bagi, ada yang melewati pelabuhan Sekupang ada yang melewati pelabuhan Harbourbay, Batu Ampar, Batam.

"Karena ada pelabuhan Harbourbay, yang membawa penumpang ke Tanjungbatu dan Tanjungbalai, disini penumpangnya juga jadi gak seramai tahun lalu. Yah bagi bagi penumpanglah," kata agen SB Seetech itu.(*)
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved