Breaking News:

SENGKETA PULAU BERHALA

Pemkab Lingga Anggarkan Rp 2 Miliar Bangun Pelabuhan di Pulau Berhala

Bupati Lingga Daria janji menganggarikan Rp 2 miliar untuk membangun pelabuhan di Pulau Berhala.

Laporan Tribunnews Batam, Abd Rahman Mawazi

TRIBUNNEWSBATAM.COM, LINGGA- Sepekan usai putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengembalikan pulau Berhala ke pangkuan wilayah Kabupaten Lingga, Bupati dan Wakil bupati beserta jajaran SKPD langsung berkunjung ke pulau tersebut.  Warga pulau Berhala antusias menyambut kehadiran rombongan Pemkab Lingga dalam rangka syukuran.
 
Di hadapan warga dan jajaran muspida, Daria bupati Lingga menyatakan rasa syukurnya atas putusan tersebut. Apalagi, polemik itu telah berlangsung lama sejak masih dalam wilayah provinsi Riau. Ia pun mengatakan menyiapkan anggaran Rp 2 miliar untuk pembangunan pelabuhan di pulau itu.

"Tahun ini Pemkab menyediakan Rp 2 miliar untuk pembangunan pelabuhan," katanya. Ia juga meminta kepada jajaran SKPD untuk memasukkan program anggaran pada perubahan APBD nanti agar pembangunan di pulau tersebut bisa semakin cepat.

Selain itu, katanya, hal itu untuk bisa mempercepat terbentuknya kecamatan Singkep Selatan yang sempat tertunda karena status pulau Berhala yang diperebutkan.

"Saya ucapkan terima kasih kepada kuasa hukum pemkab yang telah berjuang keras untuk bisa mempertahankan Berhala. Terima kasih juga atas dukungan seluruh warga, khususnya warga Berhala,” katanya.

Camat Singkep, Kisanjaya, sempat meneteskan air mata haru. Ia mengatakan, keberhasilan tersebut merupakan hasil dari perjuangan panjang. Sebab, polemik perebutan Berhala ini juga telah berlangsung lama. Ia menganggap dengan adanya putusan tersebut, tidak ada lagi sengketa yang bisa merugikan masyarakat itu sendiri.

Kades Berhala, Encik Syarif, mengaku cukup senang dengan adanya putusan tersebut. Ia juga menerima langsung salinan putusan MK itu dengan muka yang berseri-seri. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved