Breaking News:

SENGKETA PULAU BERHALA

Gubernur Kepri HM Sani Kucurkan Rp 2,5 Miliar Bangun Pulau Berhala

Gubernur Kepri menggelontorkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk menggenjot pembangunan di Pulau Berhala mulai 2013 ini.

Gubernur Kepri HM Sani Kucurkan Rp 2,5 Miliar Bangun Pulau Berhala
Tribun Batam/ Tom
KUNJUNGI- Gubernur Kepri HM Sani melihat dari dekat sisa-sisa peninggalan yang menandakan Pulau Berlian (Berhala) masuk dalam wilayah Kepri.
Laporan Tribunnews Batam, Septyan Mulia Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani mengatakan akan terus melakukan pembangunan secara berkala terhadap pulau Berhala. Hal ini menyusul kemenangan gugatannya di MA dan MK sehingga Pulau Berhala kembali ke pangkuan Pemkab Lingga Provinsi Kepri.

Gubernur Kepri akan menggelontorkan anggaran Rp 2,5 miliar untuk menggenjot pembangunan di Pulau Berhala mulai 2013 ini.

"Kita bangun dong pulau Berhala. Kalau selama ini hanya status quo, sekarang kita bisa membangun secara terang-terangan. Buktinya tahun ini kita sudah bangun dermaganya. Hampir Rp 2,5 m saya masukkan ke pulau Berhala tahun ini. Tahun depan kita besama dengan Kabupaten Lingga untuk bersama membangun pulau ini," bebernya.

Sani menilai, selain pembangunan infrastruktru di Pulau Berhala juga akan mengembangkan destinasi pariwisata di pulau ini yang punya potensi wisata bahari luar biasa.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung mengabulkan gugatan judicial review (uji materi) terhadap Peraturan Menteri Dalam No 44 Tahun 2011 yang isinya menyatakan bahwa Pulau Berhala masuk wilayah Provinsi Jambi. Mahkamah Agung mengabulkan gugatan Provinsi Kepri dalam putusan nomor 49 P/HUM/2011 tertanggal 9 Februari 2012.

Adapun majelis hakim yang menyidangkan adalah Paulus Effendi Lotulung, Achmad Sukardja, dan Supandi. Permohonan (gugatan) itu sendiri diajukan Gubernur Kepri, M Sani, yang isinya meminta pembatalan Permendagri No 44 Tahun 2011 tertanggal 27 September yang diundangkan pada 7 Oktober 2011.

Permendagri tersebut menetapkan Pulau Berhala masuk wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provinsi Jambi.  Pulau Berhala yang selama ini disengketakan dua provinsi bertetangga, Kepulauan Riau (Kepri) dan Jambi, akhirnya dinyatakan sebagai milik Provinsi Kepri.

Konflik penguasaan Pulau Berhala oleh kedua pemerintah daerah ini berlangsung sejak 1982 silam. Sebelum Kepri menjadi provinsi tersendiri, pulau tersebut dipertahankan Provinsi Riau dan Provinsi Jambi. Namun, seusai pemekaran,  sengketa beralih ke Provinsi Kepri.

Pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Kondisi pulau itu sangat alami dan belum banyak penduduknya. Saat ini pulau tersebut dijaga oleh TNI AL. (*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved