Breaking News:

Lanal Tanjungbalai Karimun Tembak Jatuh Pesawat Asing

Pesawat asing itu juga menjatuhkan bom hingga mengenai sebuah bangunan ruko di Tanjungbalai Karimun dan terbakar.

Laporan Tribunnews Batam, Rachta Yahya
 
TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN
- Tanjungbalai Karimun dikagetkan dengan masuknya pesawat asing ke wilayah udara mereka, Jumat (12/4/2013) pagi. Tidak hanya masuk tanpa izin, pesawat asing itu juga menjatuhkan bom hingga mengenai sebuah bangunan ruko di Tanjungbalai Karimun dan terbakar.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, hanya saja bangunan yang terkena bom itu hancur dan terbakar. Untungnya hal itu mendapat respon yang cepat dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Tanjungbalai Karimun. Pasukan meriam mereka berhasil menembak jatuh pesawat asing itu.

Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun, Letkol Laut (P) Sawa mengatakan pesawat asing sebenarnya sudah terdeteksi oleh radar Integrated Maritime Surveillance System (IMSS) milik pihaknya yang berada di pantai Leho, Kecamatan Tebing.

Begitu menerima laporan dari petugas radar IMSS Leho, Tebing, personel Lanal Tanjungbalai Karimun langsung siaga. Mereka bergerak cepat mengambil semua perlengkapan tempur seperti senjata dan lansung menempati posisi tempur masing-masing.

“Begitu terdeteksi, saya langsung memerintahkan anggota untuk mempersiapkan diri dengan peralatan tempur. Hasilnya, pesawat asing itu dapat ditembak jatuh,” terang Sawa.

Tidak hanya itu, Sawa juga mengatakan pihaknya bersama petugas Pemadam Kebakaran (PMK) Pemkab Karimun juga berhasil memadamkan api yang membakar bangunan akibat ledakan bom dari pesawat asing itu. Tidak lama, hanya 10 menit saja, api bisa dijinakan.

Tapi tunggu dulu, semua peristiwa itu hanya lah sebuah simulasi atau latihan perang bersama yang digelar Lanal Tanjungbalai Karimun. Hal itu dimaksudkan untuk tetap melatih kesigapan personel Lanal Tanjungbalai Karimun menghadapi situasi dadakan ketika mendadak diserang musuh.

Latihan tersebut berada di bawah pengawasan Komando Latihan (Kolat) Armada Bagian Barat (Armabar), Kolonel Laut (P) Yudo Margono.

Selain melibatkan 100 orang personel Lanal Tanjungbalai Karimun, latihan kemarin itu juga melibatkan 20 petugas dari PMK Kabupaten Karimun dan Puskesmas Tanjungbalai Karimun. Petugas PMK Kabupaten Karimun dilibatkan pada simulasi pemadaman kebakaran yang melanda bangunan usai ditembak pesawat asing itu.

Sementara Puskesmas Tanjungbalai Karimun mengirimkan petugas unit gawat darurat dan petugas mobil ambulans pada simulasi penanganan korban bangunan terbakar.

Selain menggelar latihan tanggap darurat seperti serangan mendadak pihak asing itu, kemarin juga digelar latihan cepat bongkar-pasang senjata, latihan pasukan baris-berbaris (PBB), simulasi penanganan demonstrasi oleh pasukan pengendali huru-hara (PHH) di halaman Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

“Latihan renang juga dan sudah digelar kemarin (Rabu, 11/4/2013, red). Nanti siang usai salat Jumat, rencananya dilanjutkan dengan latihan menembak di tanah lapang sekitar Mako Kompi Tuah Sakti (TS) 134, Pasir Panjang,” ujar Sawa.

Sementara itu, Kolat Armabar, Kolonel Laut (P) Yudo Margono menambahkan, latihan uji kesiapan pangkalan TNI AL itu tidak hanya dilakukan di Tanjungbalai Karimun tapi juga di Lantamal IV Tanjungpinang, Lanal Batam dan Lanal Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. “Nanti dilanjutkan di Lanal Natuna,” kata Yudo singkat. (*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved