Breaking News:

Embarkasi dan Debarkasi Batam 2013

Keberangkatan Tiga JCH Lingga Ditunda

Tiga orang jemaah calon haji (JCH) dari Kabupaten Lingga terpaksa harus mengundurkan jadwal menunaikan ibadah haji tahun ini.

Keberangkatan Tiga JCH Lingga Ditunda
Tribunnews.com/Candra P. Pusponegoro
Jemaah didorong menggunakan kursi roda dari hotel tempat tinggalnya menuju ke Masjidil Haram di Mekkah. Renovasi lantai dua dan tiga pada Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi berdampak kepada pengurangan kuota jemaah haji Indonesia sebanyak 20 persen. Akibat pengurangan kuota ini, pemerintah RI berencana tidak memberangkatkan jemaah haji yang menggunakan kursi roda dan lanjut usia (lansia).

Laporan Tribunnews Batam, Abdul Rahman Mawazi

LINGGA, TRIBUN - Tiga orang jemaah calon haji (JCH) dari Kabupaten Lingga terpaksa harus mengundurkan jadwal menunaikan ibadah haji tahun ini seiring dengan adanya pengurangan secara nasional.

Mereka baru dijadwalkan berangkat lagi pada musim haji tahun depan. Dengan adanya pengurangan tersebut, kini JCH yang akan bertolak ke Mekah sebanyak 55 orang.

"Penguranganya secara nasional. Jadi yang berangkat 55 JCH. Kita kebagian kloter pertama. Insya Allah pelepasan akan dilakukan 7 September," kata Kepala Kemenag Kabupaten Lingga, Hasyim Yusuf, Minggu (1/9/2013).

Pelepasan itu rencananya akan dilakukan di masjid Az Zulfa, Dabo Singkep dan akan dilepas oleh Bupati Lingga, Daria.

Selain bupati, beberapa pejabat dan tokoh masyarakat akan diundang dalama kegiatan tersebut. Yusuf Hasyim mengatakan persiapan untuk keberangkatan tersebut pun sudah dilakukan dan hanya menunggu pada hari pelaksanaan saja.

Usai malam pelepasan, JCH kemudian akan bertolak ke Batam keesokan harinya. Sedangkan untuk keberangkatan ke Saudi Arabia dari Embarkasi Batam dijadwalkan pada 10 September 2013 tujuan Jeddah.

"Insya Allah dan mudah-mudahan semuanya berjalan dengan lancar,” katanya lagi ketika ditanya tentang persiapan untuk keberangkatan tersebut.

Beberapa JCH asal Dabo juga telah menggelar selamatan sebelum keberantakan. Hal itu telah menjadi tradisi bagi mereka hendak menunaikan ibadah ke Tanah Suci.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved