Breaking News:

Embarkasi dan Debarkasi Batam 2013

Selama Berhaji, Jemaah Jangan Sombong

Gito Kasanah binti Kromo Sumito (87) merupakan calon haji tertua asal Kota Tanjungpinang.

Tribunnewsbatam.com/Candra P. Pusponegoro
Raudhah atau Raudhatul Jannah yang berarti taman. Raudhah merupakan salah satu ruangan di Masjid Nabawi di Kota Madinah, Arab Saudi. Lokasinya terletak di antara kamar Nabi Muhammad dan mimbar untuk berdakwah. Luas Raudhah dari arah Timur ke Barat sepanjang 22 meter dan dari Utara ke Selatan sepanjang 15 meter. Seluruh luasnya hanya 144 meter persegi. Sebagaimana sabda Nabi Muhammad antara rumahku dengan mimbarku adalah raudhah di antara taman-taman surga, maka setiap saat, tempat ini penuh sesak dikunjungi oleh jemaah calon haji atau umrah. Lokasi menjadi tempat yang paling utama untuk salat, membaca alquran, dan memanjatkan doa. 

Laporan Tribunnews Batam, Thomlimah Limahekin

TANJUNGPINANG, TRIBUN - Gito Kasanah binti Kromo Sumito (87) merupakan calon haji tertua asal Kota Tanjungpinang. Sedangkan jemaah termuda bernama Dahlia binti Abdul Rahman Lantang (29).

Dari Kota Tanjungpinang, 207 jemaah calon haji (JCH) ini akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 7. Pemberangkatannya pada Minggu 16 September 2013.

Gito dan Dahlia adalah jemaah calon haji asal Tanjungpinang yang dilepask oleh Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah di Asrama Haji Kota Tanjungpinang, Rabu (11/9/2013) malam.

Dalam acara pelepasan itu, Lis menyampaikan kepada seluruh jemaah calon haji Kota Tanjungpinang agar bisa menuaikan ibadah haji dengan baik sehingga dapat memeroleh haji yang mabrur.

Untuk bisa mencapai maksud ini, Lis berharap agar para jemaah calon haji dapat mengondisikan dirinya dengan meningkatkan kesabaran. Kemudian betul-betul menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan situasi dan kondisi di lokasi.

"Hilangkan sikap egois, mau menang sendiri dan merasa benar sendiri, jauhkan sikap arogan dan meremehkan orang lain, bangun kasih sayang dan semangat kebersamaan perkuat persaudaraan, kembangkan sikap solidaritas pupuk toleransi, jaga kekompakan serta tampilkan sosok jamaah haji kota Tanjungpinang yang santun dan berakhlakul karimah," ungkap Lis memberi arahan kepada ratusan calon-calon tamu Allah.

Selain arahan dari Lis, jemaah mendapat bimbingan dari H Marwin Jamal, Kepala Kantor Kementerian Agama, Kota Tanjungpinang.

Marwin sendiri menyampaikan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sebagai wujud kepedulian terhadap jemaah calon haji Kota Tanjungpinang pada musim haji tahun 1434 H/2013 M.

"Jemaah calon haji asal kota Tanjungpinang yang akan berangkat ke Tanah Suci pada musim haji ini berjumlah 207 orang. Pelepasan jemaah calon haji oleh Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang tahun 2013 ini sepenuhnya dibiayai oleh APBD Kota Tanjungpinang tahun anggaran 2013," jelas Marwin.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved