Breaking News:

Embarkasi dan Debarkasi Batam 2013

Puncak Haji, Jemaah Butuh Tenaga Ekstra

Laporan yang diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam suhu udara di Kota Madinah cukup panas.

Tribunnewsbatam.com/Candra P. Pusponegoro
Jabal Uhud atau Gunung Uhud letaknya sekitar 5 kilometer dari pusat Kota Madinah, Arab Saudi. Di bukit inilah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin melawan kaum musyrikin Mekkah. Dalam pertempuran tersebut gugur 70 orang syuhada, di antaranya Hamzah bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad. Kecintaan Nabi Muhammad kepada para syuhada Uhud, membuat beliau selalu menziarahinya hampir setiap tahun. Untuk itu, Jabal Uhud menjadi salah satu tempat penting untuk diziarahi umat Islam saat umrah maupun haji. 

BATAM, TRIBUN - Hari kelima pelaksanaan penyelenggaraan haji, Embarkasi Batam, Provinsi Kepri sudah memberangkatkan tiga kelompok terbang (kloter).

Total jumlah jemaah calon haji (JCH) tiga kloter sebanyak 1.332 orang. Angka ini akan terus bertambah hingga pemberangkatan kloter 18 (akhir).

Berdasarkan laporan yang diterima Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Batam suhu udara di Kota Madinah cukup panas.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Arab Saudi, suhu udara di kota suci pada Jumat (13/9/2013) cerah antara 27° hingga 43° Celcius. Sedangkan esok harinya, suhunya masih sama.

“Alhamdulillah suhunya cerah di sana. Sampai saat ini, kloter 1 sampai 3 dalam kondisi sehat, baik, dan tidak ada masalah,” ujar Ketua PPIH Embarkasi Batam, Drs H Handarlin H Umar kepada Tribun, Jumat (13/9/2013) malam.

Sedangkan kloter 4 dari Provinsi Jambi dan Provinsi Riau berjumlah 448 orang sudah diberangkatkan Jumat (13/9/2013) pagi.

Untuk Kota Dumai Riau 226 orang, Kabupaten Tanjung Jabi Timur Jambi 72 orang, Kota Jambi 145 orang, dan 5 orang petugas kloter.

Adapun seorang jemaah ditunda keberangkatannya, Yusra binti Nuil Ahmad asal Dumai, dengan alasan sakit. JCH tertua pada kloter ini Ahmad Bangun Jasan (83) dan jemaah termuda Anita Sargawi Abdul Rahman (22).

Kedua JCH iini berasal dari Kota Jambi. Menurut Handarlin, JCH Kloter 4 akan tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz, Madinah pada hari yang sama, sekitar pukul 14.20 Waktu Arab Saudi (WAS).

“Kloter 4 akan kembali ke Tanah Air pada tanggal 24 Oktober 2013 sekira 11.05 WIB. Berdasarkan hasil qurah maktab, selama berada di Kota Makkah, JCH kloter 4 akan menempati pemondokan di wilayah Jumaizah, maktab 13, dan nomor rumah 311,” ujar Handarlin.

Selama musim panas, kondisi ini harus menjadi perhatian jemaah agar menjaga kesehatannya selama di sana. Selain itu, jemaah harus disiplin ikuti aturan atau kebijakan pemerintah melalui arahan petugas di Arab Saudi.

Misalnya dari pembimbing ibadah, ketua kelompok terbang (kloter), ketua rombongan (karom), ketua regu (karu), dan tim kesehatan.

Peraturan dan kebijakan dalam pelaksanaan ibadah haji bertujuan untuk kebaikan jemaah itu sendiri. Jika tidak patuh, tegas Handarlin, itu akan merugikan jemaah dalam melaksanakan puncak ibadah haji tanggal 8 sampai 14 Dzulhijjah 1434 Hijriah nantinya. Sebab dalam pelaksanaan puncak haji, tenaga ekstra sangat dibutuhkan.

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved