Breaking News:

Embarkasi dan Debarkasi Batam 2013

Cukup 30 Menit Jalan Kaki Menuju Kabah

103 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Karimun tinggal di Mahbazjin, Mekkah, Arab Saudi.

Tribunnewsbatam.com/Candra P. Pusponegoro
Puluhan jemaah umrah dan haji sedang menuju Jabal Rahmah. Gunung ini disebut Gunung Kasih Sayang atau Gunung Arafat atau Gunung Arafah, yakni merupakan bukit granit di sebelah timur Kota Mekkah, Arab Saudi. Di bukit ini, menurut sejarah Islam, Nabi Muhammad berdiri dan menyampaikan kutbah perpisahan dengan kaum muslim yang telah menemaninya selama ibadah haji menjelang akhir hayatnya. Ketinggian bukit ini sekitar 70 meter. Di bukit ini juga, Nabi Adam dan Sayyidah Hawa yang sudah terpisah untuk 200 tahun setelah pengusiran dari surga, bertemu dan berkumpul kembali di gunung ini. 

Laporan Tribunnews Batam, Muhammad Sarih

MEKKAH, TRIBUN - Sebanyak 103 jemaah calon haji (JCH) asal Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, pada Senin (23/9/2013) melaksanakan ibadah Arbain di Kota Madinah, Arab Saudi.

Para jemaah ini tiba di Bandara Amir Mahmud, Madinah pada 16 September 2013 lalu. Kala itu jemaah masih bermalam di Madinah.

“Semua jemaah dalam kondisi sehat wa alfiat. Saat ini sedang melaksanakan ibadah Arbain di Madinah,” ujar Kepala Kementerian Agama Kabupaten Karimun, Afrizal didampingi Kepala Seksi Haji, Samsudin, Senin (23/9/2013).

Setelah mengikuti Arbain di Madinah, jemaah dijadwalkan berangkat ke Mekkah Al Mukaramah Rabu 25 September 2013. Mereka dijadwalkan tinggal di sebuah hotel yang tidak jauh di Kabah, di Mekkah.

“Jemaah akan menginap di Mahbazjin dengan nomor rumah 117. Jaraknya sekitar 1,6 kilometer ke Kabah. Kalau jalan kaki hanya sekitar setengah jam saja. Kalau berkendaraan sekitar lima menit baru sampai,” jelas Afrizal.  

Sejauh ini kondisi seluruh jemaah haji asal Kabupaten Karimun dalam kondisi sehat wa alfiat. Afrizal mengajak umat Islam, khususnya keluarga jemaah untuk mendoakan kesehatan dan keselamatan jemaah haji asal Kabupaten Karimun.

“Tentunya, seperti pesan dan harapan kita, jemaah dari sana mendoakan kita di sini. Mari kita di sini sama-sama mendoakan, semoga sehat-sehat dan lancar-lancar semua ritual haji yang dlaksanakan jemaah kita,” imbuhnya.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved