Breaking News:

Embarkasi dan Debarkasi Batam 2013

Kalla Puji Penyelenggaraan Haji Indonesia

Pelaksanaan haji tahun 2013 dinilai Jusuf Kalla baik.

Tribunnewsbatam.com/Istimewa
Mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, H Muhammad Jusuf Kalla saat berbincang-bincang dengan Menteri Agama Republik Indonesia. H Surya Dharma Ali di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi, Minggu (20/10/2013). 

MEKKAH, TRIBUN - Pelaksanaan ibadah haji tahun ini, berbeda dengan tahun sebelumnya. Alasannya terjadi pengurangan jumlah kuota haji untuk seluruh dunia sebesar 20 persen, termasuk Indonesia.

Menanggapi hal tersebut, mantan Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia, menilai jika pelaksanaan haji tahun 2013 ini berjalan baik. Terutama jamaah haji Indonesia terkelola dengan baik dan lancar oleh Kementerian Agama RI.

Pengurangan kuota dan ketatnya Kemenag RI dalam menerapkan pengurangan tersebut membuat pelayanan kepada jemaah haji Indonesia lebih maksimal. Hal ini terlihat pada saat wukuf di Arafah, mabit di Muzdalifah dan melontar jamarat di Mina.

Menurut Jusuf Kalla, selama haji, bus yang digunakan Kementerian Agama RI untuk para jemaah bagus, makanan tersedia cukup, perjalanan lancar praktis tanpa kemacetan.

"Tahun ini, hampir seluruh fasilitas yang dibangun Pemerintah Arab Saudi. Seperti jalur kereta api, fasilitas di Mina, dan infrastruktur jalan sudah selesai. Sehingga menunjang kelancaran pelaksanaan ibadah haji haji. Seluruh akses terbuka dengan baik," ujar Jusuf Kalla di Masjidil Haram, Kota Mekkah, Arab Saudi, melalui rilisnya yang diterima Tribunnews Minggu, (20/10/2013).

Jusuf Kalla yang tahun ini menunaikan ibadah haji atas undangan Kerajaan Arab Saudi, satu-satunya kendala hanyalah pembangunan Masjidil Haram yang belum rampung. Sehingga otoritas setempat memperlakukan sistem buka-tutup masuk masjid.

Tetapi hal ini tidak terlalu masalah. Alasannya jemaah haji bisa menyesuaikan waktunya masuk masjid sebelum ditutup oleh para askar yang berjaga-jaga menjelang salat. (*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved