Kesra Sekdakab Bintan Persulit Warga Urus Dana Kematian

Warga Kijang mengeluhkan sistem pencairan dana Bantuan Sosial (bansos) kematian di Kesra Sekdakab Bintan dipersulit.

Kesra Sekdakab Bintan Persulit Warga Urus Dana Kematian
Tribun Batam/Argianto D. A. Nugroho
TNI AL (Lanal) Batam, PT. Snepac, dan Batam Eksekutif Golf Club (BEGC) melakukan kegiatan bersih-bersih di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Taman Langgeng, Sei Panas, Batam, Minggu (22/6/2014). Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut datangnya Ramadan 1435 Hijriah. 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Ahmad Yani

BINTAN, TRIBUN - Warga Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Provinsi Kepri mempertanyakan sistem pencairan dana Bantuan Sosial (bansos) kematian di Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekdakab Bintan.

Sebab, Pemkab Bintan telah membuat aturan bagi warga meninggal dunia ahli warisnya akan mendapatkan santunan.

Namun, sejumlah warga mengaku sulit ketika hendak mengurus uang kematian ini. Bahkan ketika datang mengurus warga ada dilempar-lempar dan dibola-bola.

Memang, bagi orang dewasa yang meninggal, ahli waris akan menerima Rp2 juta, sementara anak-anak Rp1 juta.

Kasman salah seorang ahli waris dari M. Kasim warga Kampung Sidodadi Kelurahan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur yang meninggal dunia pada 5 Mei 2013 silam, mengakui akan hal tersebut.

Ia dipersulit oleh bagian Kesra Sekdakab Bintan dalam pengurusan dana bantuan sosial kematian.

Pasalnya, setiap ditanyakan kepada bagian Kesra, jawabannya selalu saja tidak jelas kapan dana untuk bantuan duka cita terhadap warga Bintan yang meninggal tersebut bisa dicairkan.

Padahal menurut Kasman, sejak ayahnya meninggal langsung diurus ke kelurahan hingga kecamatan. Namun setelah berselang setahun saat ditanyakan ke bagian Kesra, jawabannya malah belum diusulkan.

“Saya jadi heran apa saja kerja mereka, padahal sudah setahun diurus malah dibilang belum diusulkan. Sedangkan, yang lainnya sudah cair dananya. Malah kita disuruh membuat usulan baru dari kelurahan dan kecamatan,” ujar Kasman, Kamis (17/7/2014).

Halaman
12
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved