ASEAN Jazz Festival VII

Pesohor Jazz Siap Meriahkan ASEAN Jazz Festival Ketujuh

Musisi jazz dunia akan menyemarakkan ASEAN Jazz Festival Ke-7 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau.

Pesohor Jazz Siap Meriahkan ASEAN Jazz Festival Ketujuh
Tribun Batam/Istimewa
Karakatau Reunion. 

BATAM, TRIBUN - Musisi jazz dunia akan menyemarakkan ASEAN Jazz Festival Ke-7 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Gelaran spekatkuler akan digelar di Harbour Bay, Jodoh, Batu Ampar, Batam, pada Sabtu (6/9/2014) dan Minggu (7/9/2014) mulai pukul 16.00 WIB.

Acara gratis dan terbuka untuk umum ini diadakan dalam rangka meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Utamanya cross-border visitor atau kunjungan lintas batas Negara yang sekaligus menguatkan promosi pariwisata Indonesia. Pagelaran ASEAN Jazz Festival ini merupakan agenda ketujuh kalinya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sapta Nirwandar menyatakan ASEAN Jazz Festival menjadi bagian dari program unggulan untuk mempromosikan pariwisata. Selain itu, acara ini menjadi sarana meningkatkan industri ekonomi kreatif.

Untuk itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI didukung oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Kota Batam kembali mempersembahkan acara jazz festival berskala internasional. Sejumlah musisi jazz dari Indonesia dan mancanegara menyatakan siap tampil.

Adapun pesohor jazz yang akan tampil di antaranya Kamal Musallam (Dubai), German Dmitriev (Russia), dan Krakatau (reunion). Krakatau digawangi Gilang Ramadhan, Indra Lesmana, Trie Utami, Donny Suhendra, Pra B. Dharma, dan Dwiki Dharmawan.

Krakatau yang sudah berusia hampir 30 tahun ini akan bermain bersama di Batam. Penampilan keempat ini setelah bermain di Javajazz Jakarta, Kampoeng Jazz Bandung, dan Jazz Market Bali. Diharapkan Krakatau dapat menyedot perhatian fans Krakatau dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Tidak ketinggalan akan tampil juga bintang muda Monita Tahalea, penyanyi jazz asal Surabaya Nina Tammam bersama Surabaya All Stars Big Band, gitaris Agam Hamzah bersama Adi Darmawan dan Gerry Herb. Serta ramuan ala Jazz Melayu dari Tengku Rio, dan wakil dari Batam lainnya, Batam Jazz Society, dan Groovinity.

“Tahun ini acara akan dimulai dengan jazz clinic untuk komunitas jazz di Batam yang akan dipandu oleh musisi asal Amerika Serikat, Brian Batie. Secara keseluruhan acara 7th AJF ini akan dikemas dengan menyiapkan dua stage, yaitu Wonderful Indonesia Stage dan Wonderful Kepri Stage,” ujar Direktur Festival 7th ASEAN Jazz Festival, Dwiki Dharmawan kepada Tribun, Kamis (4/9/2014) petang.

Dwiki menambahkan 7th AJF 2014 akan menyuguhkan keragaman genre musik jazz dari straight ahead sampai funk. Tercatat banyak musisi dan group terkemuka Indonesia dan mancanegara pernah tampil di ASEAN Jazz Festival sebelumnya. Para musisi jazz sangat atraktif dan tampil mengesankan di panggung.

Di antaranya Bob James, Toninho Horta (Brazil), The Brag Pack (Belanda), Sandra Viraj (Filipina), Natasha Pattamapongs (Thailand), Eastmania (Dubai), Andien, Dira Sugandi, Rieka Roslan, Simak Dialog, Urban Phat, Bandaneira, Bass Groove (Malaysia), Fabian Lim (Singapura), Steve Thornton (USA/Malaysia), Jeremy Tordjman (Perancis), Barry Likumahuwa, dan Syaharani.

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved