Raja Usulkan KKPN Menjadi Salah Satu Ikon Pariwisata

Penetapan laut di KKA sebagai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Taman Wisata Perairan Nasional.

Tribun Batam/Septyan Mulia Rohman
Akses jalan menuju pelabuhan yang terdapat di wilayah Letung Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) yang sudah dilengkapi fasilitas penerangan. Sejumlah kegiatan pembangunan banyak dilaksanakan di wilayah ini. 

Laporan Wartawan Tribun Batam, Septyan Mulia Rohman

ANAMBAS, TRIBUN - Asisten III Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Kepri mengusulkan penetapan laut di KKA sebagai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (KKPN) Taman Wisata Perairan Nasional.

Selanjutnya kawasan ini diharapkan bisa menjadi salah satu ikon wisata. Usulan ini disampaikan Augus Raja Unggul, Asisten III Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA).

Harapannya, penetapan yang dilakukan ini dapat berdampak nyata kepada masyarakat di kabupaten ini.

"Kita berharap seperti itu. Paling tidak berdampak pada kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ekonomi," ujar Augus Raja Unggul, Asisten III Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Kamis (18/9/2014).

Dengan dijadikannya KKPN itu menjadi ikon wisata khususnya ikon wisata bahari, maka minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara dapat meningkat.

Hal ini yang diharapkan juga berdampak pada kesejahteraan masyarakat Anambas. Tidak hanya itu, ia pun juga mengimbau kepada sejumlah pihak termasuk kepada SKPD untuk membangun kerja sama dalam menyukseskan pengelolaan KKPN ini.

"Kerja sama dengan pihak terkait itu mutlak diperlukan. Dengan adanya kerja sama, maka informasi pun dapat diperoleh dengan cepat sehingga tindakan-tindakan yang merugikan lingkungan di dalam kawasan dapat diminimalisir. Termasuk, mengenai potensi dan ketentuan pengelolaan kawasan konservasi perairan. Ini juga perlu untuk dilestarikan," jelasnya. 

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved