Breaking News:

Pertamina Bantah Ada Kelangkaan LPG 3 Kg di Batam

PT Pertamina wilayah Kepri membantah adanya kelangkaan gas tiga kilogram di tengah masyarakat.

Editor:
Pertamina Bantah Ada Kelangkaan LPG 3 Kg di Batam
tribunnews batam / istimewa/net
SPBE LPG Tabung 3 Kilogram
Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM- PT Pertamina wilayah Kepri membantah adanya kelangkaan gas tiga kilogram di tengah masyarakat.
Agung Nurhananto, Junior Sales Executive LPG PT Pertamina Kepri mengatakan justeru pendistribusian gas bersubsidi itu sudah berlebih di periode Oktober ini.

"Tidak ada masalah dari sisi distribusi, bahkan untuk penyaluran ada peningkatan dibanding bulan lalu. Peningkatannya sebesar 3 persen, bulan ini kami salurkan 3.204 metrix ton (MT) untuk Kepri," ujar Agung kepada Tribun Batam.

Sementara itu, penyaluran khusus Batam yakni 80 persen dari total tersebut, atau sekitar‎ 2.563 MT atau sama dengan 854 ribu tabung.

"Itu perkirakan untuk bulan ini saja," ujarnya.

Pendistribusian tabung gas itu dilakukan setiap harinya ke 11 agen yang ada di Batam. Untuk jumlah per agen pun bervariasi tergantung kebutuhan wilayahnya. Sementara pengaturan ke pangkalan, dilakukan langsung oleh masing-masing agen.

"Bervariasi untuk setiap agen, kan setiap wilayah tidak sama jumlah pangkalannya. Tidak sama juga jumlah masyarakat penggunanya," kata Agung.

Saat ini, pengawasan pendistribusian tabung gas bersubsidi baru dapat dilakukan dari Agen ke Pangkalan. Sedangkan dari pangkalan ke masyarakat pembeli, dikembalikan kepada hukum pasar.

"Kalau sekarang yang dikunci hanya pangkalan saja. Jadi pangkalan hanya bisa membeli ke agen dimana wilayah pangkalan dia beroperasi. Sedangkan pembeli yang membeli di pangkalan biasanya memang lintas wilayah. Kalau tidak ada di daerahnya, kan tidak mungkin juga kami larang membeli di pangkalan wilayah lain," ucap Agung. 
Oleh sebab itulah, Agung menyatakan dirinya kebingungan jika dikatakan gas tiga kilogram langka di pasaran. 
"‎kami evaluasi dulu di lapangan, apa benar ada kekurangan makanya langka," kata dia.
Untuk mencegah kelangkaan meluas, Pertamina berserta Disperindag Kota Batam berencana menggelar operasi pasar di enam titik kawasan, yakni Batuaji, Sagulung, Batam Kota, Bengkong, Batuampar, dan Nongsa.
"Satu titik kami sebarkan 560 tabung gas, jadi di enam titik itu sekitar 2.800 tabung," katanya
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved