Landasan Pacu Bandara Belum Kelar, Susi Air Tunda Mendarat di Anambas

Rencana maskapai Susi Air terbang perdana di Bandara Jemaja, Anambas, mengalami penundaan.

Landasan Pacu Bandara Belum Kelar, Susi Air Tunda Mendarat di Anambas
TRIBUN TIMUR/NET
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti berfose di depan Susi Air. 

Laporan Tribunnews Batam, SM Rohman

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ANAMBAS - Rencana maskapai Susi Air terbang perdana di Bandara Jemaja, Anambas, mengalami penundaan. Hal ini dikarenakan pengerjaan landasan pacu di bandara yang berlokasi di Kecamatan Jemaja Timur tersebut harus dilelang ulang.

"Rencana awalnya bulan Februari ini Susi Air tersebut kami prediksi sudah bisa mendarat di Bandara Jemaja. Namun, sepertinya harus mengalami perubahan jadwal," ujar Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas Tengku Mukhtaruddin. Pihaknya pun memprediksi, Susi Air sudah dapat melakukan penerbangan perdananya pada bulan Mei 2015 mendatang.

Dengan beroperasinya maskapai penerbangan ini, pihaknya berharap dapat berdampak pada sektor pariwisata yang terus mengalami peningkatan. Menurutnya, dengan bertambahnya akses transportasi dapat membuka aksestabilitas menuju lokasi wisata di Pulau Jemaja itu.

"Kami berharap dapat mengakomodir untuk masyarakat maupun wisatawan yang mau berkunjung ke sana. Memang, pada kondisi dan musim tertentu, seperti cuaca laut yang kurang kondusif, kurang nyaman untuk aktivitas pariwisata. Jadi, selain bandara Matak, bandara Jemaja ini bisa mengakomodir mobilitas masyarakat," harapnya.

Adapun mengenai pembangunan dari bandara Jemaja tersebut ini menurutnya terus dilakukan. Pembangunan untuk landasan pacu yang anggarannya bersumber dari pusat tersebut bakal diselesaikan dalam waktu dekat.

"Pembangunannya kembali dilanjutkan. Selesai pengerasan, dilanjutkan dengan pengaspalan. Memang, ada sedikit keterlambatan. Untuk pelelangan pengerjaan landasan pacu harus mengalami pelelangan kembali," terangnya.

Pembangunan bandara Jemaja sebelumnya terbagi ke dalam dua tahap. Selain pembangunan sisi udara yang pembangunannya oleh Pemerintah pusat, pembangunan sisi darat seperti pembangunan terminal penumpang, terminal VIP, terminal kargo, area parkir, menara pengawas, dan lain sebagainya juga terus dilakukan.

Pembangunan sisi darat ini pun anggarannya bersumber dari APBD Kabupaten Kepulauan Anambas dan sharing dengan Provinsi Kepri.

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved