Apakah Pemukiman Rumah Liar Ditarik Pajak?

Pajak Bumi Bangunan (PBB) dipungut dari suatu kegiatan yang legal

Apakah Pemukiman Rumah Liar Ditarik Pajak?
net
Ilustrasi tagihan pajak bumi dan bangunan (PBB).

Pertanyaan:

Pemukiman Liar Ditarik Pajak

Selamat sore Tribun Batam, kami ingin menanyakan mengenai pemukiman rumah liar (ruli). Kami tinggal di sebuah ruli namun diminta membayar pajak. Apakah demikian aturannya?
Pengirim: +62852723039xx

Jawaban:

Pajak Untuk Tanah Bersertifikat

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Pemukiman rumah liar (ruli) berdiri di atas lahan tidak berizin atau ilegal. Pajak Bumi Bangunan (PBB) dipungut dari suatu kegiatan yang legal. Sementara ruli statusnya ilegal, seperti berdiri di atas lahan yang berstatus hutan lindung, row jalan, lahan milik orang lain, atau bukan masuk dalam kawasan perumahan. Intinya pemukiman ruli bukan lokasi yang boleh dibangun perumahan di atasnya.

Selain itu, dasarnya penarikan pajak adalah adanya Izin Mendirikan Bangunan (IMB). IMB akan diterbitkan apabila status tanahnya bersertifikat atau memiliki dokumen sesuai dengan perundangan yang berlaku. Beberapa objek pajak yang dikecualikan tidak ditarik pajaknya, misalnya tempat ibadah, sarana kesehatan pemerintah, tanah yang merupakan hutan lindung, hutan suaka alam atau taman nasional, dan lainnya. Demikian penjelasannya.

Dwi Djoko Wiwoho, SE, M.Si
Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) BP Batam

Tags
pajak
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved