Pembantu Minta Gaji Setara Karyawan, Bagaimana Ketentuannya?

PRT tidak masuk dalam peraturan UU Ketenagakerjaan yang mengatur secara rinci pasal demi pasal.

Pembantu Minta Gaji Setara Karyawan, Bagaimana Ketentuannya?
internet
Ilustrasi pembantu rumah tangga

Pertanyaan:

Pembantu Minta Digaji UMK

Selamat malam Tribun Batam, adakah gugatan hukum jika pembantu yang kami pekerjakan dari Jawa pergi tanpa pamit meski sudah bekerja selama setahun? Soalnya pembantu sudah lima hari tidak pulang ke rumah, dia bersedia pulang jika diberikan gaji setara karyawan? Mohon bantuannya?
Pengirim: +62813642098xx

Jawaban:

Berikan Nasihat Yang Bijaksana

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Penggajian Pembantu Rumah Tangga (PRT) saat ini belum ada ketentuan undang-undang yang mengaturnya. Sistematika PRT tidak bisa disamakan dengan karyawan atau buruh yang bekerja pada sektor-sektor tertentu. PRT tidak masuk dalam peraturan UU Ketenagakerjaan yang mengatur secara rinci pasal demi pasal. Oleh sebab itu, standarisasi gaji PRT belum bisa disamakan dengan gaji para karyawan (pegawai) perusahaan atau instansi.

Meski demikian, pemerintah menyatakan komitmennya di dunia internasional akan mendukung dan mengadopsi konvensi ILO tentang kerja layak bagi PRT. Untuk menghindari kecemburuan sosial, diharapkan kesadaran dan kebijakan para majikan PRT. Pertama, setiap majikan sedapat-dapatnya berlaku adil dan tidak semena-mena kepada PRT. Baik dari instruksi memberikan kerja, menyuruh, atau yang berkaitan dengan perintah pekerjaannya.

Kedua, sebisa mungkin majikan memberikan upah atau fasilitas yang layak yang dapat menciptakan rasa keadilan dan membuat rasa nyaman kepada mereka tanpa harus membedakan status sosialnya. Adapun mengenai pembayaran gaji disesuaikan dengan perjanjian atau kesepakatan awal. Jika pembantu pergi tanpa pamit, berikan nasihat dan saran yang bijaksana agar dia bersedia kembali. Demikian penjelasannya.

Jumardi, SH
Kabid Pengawas Ketenagakerjaan Disnaker Batam

Tags
gaji
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved