Surat Kavling Dimiliki Dua Orang Apa yang Harus Dilakukan?

Pemberian hak atas tanah di atas tanah hak pengelolaan diatur dalam peraturan perundangan, terutama jenis hak yang berjangka waktu.

Surat Kavling Dimiliki Dua Orang Apa yang Harus Dilakukan?
Tribunnewsbatam.com/Muhamad Munirul Ikhwan
Ir Dwi Djoko Wiwoho, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam

Pertanyaan:

Surat Kavling Dimiliki Dua Orang

Selamat sore Tribun Batam, bagaimana mohon penjelasannya jika tanah kavling yang saya miliki sekarang ini ada dua orang? Mohon penjelasannya Pak? Terima kasih.
Pengirim: +6281364511xxx

Jawaban:

Dicek Ke Bagian Alokasi Lahan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Berdasarkan data yang ada saat ini, hak pengelolaan tanah yang sudah terdaftar di Badan Pengusahaan (BP) Batam mencapai lebih 40 persen dari luas Pulau Batam. Di atas hak pengelolaan, diterbitkan juga hak-hak atas tanah, baik atas nama per orangan atau atas nama badan hukum berupa Hak Milik (HM), Hak Guna Bangunan (HGB) dan hak pakai. Pemberian hak atas tanah di atas tanah hak pengelolaan diatur dalam peraturan perundangan, terutama jenis hak yang berjangka waktu.

Di Batam, pemberian hak milik, HGB tidak mengakibatkan hapusnya hak pengelolaan. Sehingga hubungan hukum pemegang hak pengelolaan dengan tanah hak pengelolaannya tidak berakhir. Dengan pengertian lain pemengang hak pengelolaan tetap memliki kewenangan atas tanah-tanah hak pengelolaannya meskipun di atas tanah hak pengelolaan itu telah terbit hak milik, HGB atau hak pakai atas nama pihak lain. Untuk pengecekan lahan tersebut, Anda bisa mengecek melalui bagian Sub Direktorat Evaluasi Pengalokasian Lahan BP Batam. Demikian penjelasannya.

Dwi Joko Wiwoho, SE, M.Si
Direktur PTSP dan Humas BP Batam

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved