Bagaimana Prosedur Mengurus Nomor Induk Siswa Nasional?

Cara cek NISN dapat dilakukan secara online atau langsung menanyakan kepada pihak sekolah.

Bagaimana Prosedur Mengurus Nomor Induk Siswa Nasional?
Dokumentasi Tribun Batam
Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin

Pertanyaan:

Wajibkah Siswa Miliki NISN?

Selamat pagi Tribun Batam, bagaimana cara mengurus NISN anak saya yang kini sudah SMA kelas II, yang mana mulai dari SD dan SMP, kepala sekolahnya bilang offline apabila kita bertanya tentang NISN tersebut?
Pengirim: +628122851741xx

Jawaban:

NISN Mengidentifikasi Siswa

Terima kasih atas pertanyaan Anda. NISN merupakan singkatan dari Nomor Induk Siswa Nasional. Nomor induk ini digunakan untuk mengidentifikasi bahwa para siswa sudah terdaftar secara nasional di Kementerian Pendidikan. Yang bertugas mendaftarkan siswa adalah kepala sekolahnya masing-masing. Kebanyakan dari siswa tidak mengetahui NISN mereka, padahal hal ini sangat penting untuk diketahui para siswa.

Pada lembar jawab komputer atau LJK ujian nasional ada kolom isian NISN. Seringkali siswa bingung harus mengisinya dengan nomor apa. Yang diketahui siswa hanyalah nomor ujian dan juga nomor induk siswa di sekolah itu. Padahal yang dimaksud NISN adalah nomor induk siswa nasional. Untuk mengetahui NISN dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara cek NISN dapat dilakukan secara online atau langsung menanyakan kepada pihak sekolah.

Selaku orangtua bisa langsung menemui pihak sekolah untuk mendapatkan keterangan mengenai NISN, ini bisa ditanyakan pada bagian kesiswaan atau tata usaha. Sedangkan cara lain mengecek NISN dengan online, caranya dengan mengunjungi http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data kemudian isikan sesuai dengan arahannya. Apabila anak belum terdaftar atau belum mempunyai NISN adalah kewajiban pihak sekolah untuk mendaftarkannya.

Cara mendaftarkan NISN kepada Kementerian Pendidikan dilakukan secara online. Yakni dengan cara mengklik unduh formulir dan setelah itu formulir isian NISN diisi sesuai dengan data-data siswa. Selanjutnya, apabila data-data sudah benar, data tersebut akan dikirimkan kembali sesuai dengan prosedur yang sudah ada di laman Kementerian Pendidikan Nasional. Demikian penjelasannya dan terima kasih.

Drs. Muslim Bidin, MM
Kepala Dinas Pendidikan Batam

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved