Beli Ponsel Namun Tak Dilengkapi Buku Panduan, Apa yang Harus Dilakukan?

Oleh karena itu, jika tidak mencantumkan maka penjual sudah melanggar ketentuan dalam pasal 8 ayat 1 huruf j tentang UU Perlindungan Konsumen

Beli Ponsel Namun Tak Dilengkapi Buku Panduan, Apa yang Harus Dilakukan?
Tribunnewsbatam.com/net
Ilustrasi Ponsel

Pertanyaan:

Ponsel Tidak Dilengkapi Buku

Selamat malam Tribun Batam, kemarin saya membeli sebuah ponsel di daerah Jodoh, namun sampai di rumah tidak ada buku atau petunjuk manual. Apakah saya bisa mengembalikan barang itu atau bagaimana? Mengingat kardus sudah saya buka di rumah, takutnya dicurigai pedagang saya yang sembunyikan bukunya? Bagaimana penjelasannya ini?.
Pengirim: +6281361093xxx

Jawaban:

Produk Wajib Dilengkapi Panduan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Undang-undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen secara eksplisit memberikan kewajiban kepada penjual untuk memberikan buku panduan atau buku yang terkait dengan barang yang dijual kepada calon konsumennya.

Selanjutnya, dalam pasal 8 ayat 1 huruf j UU Perlindungan Konsumen dikatakan bahwa pelaku usaha dilarang memproduksi atau memperdagangkan barang atau jasa yang tidak mencantumkan informasi atau petunjuk penggunaan barang dalam Bahasa Indonesia sesuai dengan perundangan yang berlaku.

Buku panduan merupakan buku yang berisi informasi tentang suatu barang. Dalam hal ini buku yang memberikan informasi kepada Anda tentang produk yang Anda beli. Oleh karena itu, jika tidak mencantumkan maka penjual sudah melanggar ketentuan dalam pasal 8 ayat 1 huruf j tentang UU Perlindungan Konsumen.

Pelanggaran atas pasal ini dapat dikenakan sanksi pidana yaitu pidana penjara paling lama lima tahun atau pidana denda paling banyak Rp2 miliar. Selain itu, buku servis sangat penting terkait dengan garansi ponsel yang dibeli. Garansi tidak akan berlaku jika buku service hilang atau cacat atau rusak.

Pada dasarnya, buku petunjuk dan buku servis merupakan bagian yang penting dari ponsel tersebut untuk memudahkan konsumen mengoperasikan produk yang sudah dibelinya. Jika sejak awal penjual tidak memberikan maka si penjual dapat dianggap melanggar pasal 7 huruf b UU Perlindungan Konsumen. Demikian penjelasannya.

Amsakar Achmad, S.Sos, M.Si
Kepala Dinas Perindag dan ESDM Batam

Tags
ponsel
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved