Bagaimana Prosedur Pembuatan Paspor yang Hilang, Apakah Dikenakan Denda?

Jika paspor masih aktif dan hilang, maka pemegang akan dikenakan denda

Bagaimana Prosedur Pembuatan Paspor yang Hilang, Apakah Dikenakan Denda?
tribunnews batam / Zuhri
Kantor Pelayanan Imigrasi Batam.

Pertanyaan:

Denda Permohonan Paspor Hilang

Selamat sore Tribun Batam, saya ingin menanyakan mengenai paspor yang hilang. Saya memiliki paspor tahun 2011 dan kedaluwarsa. Jika paspor hilang dan ingin mengajukan permohonan perpanjangan baru, apakah didenda?
Pengirim: +62813186072xx

Jawaban:

Denda Sesuai Penyebab Kehilangan

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Paspor merupakan dokumen negara. Setiap pemegangnya diminta untuk berhati-hati dalam menyimpan dan menjaga paspornya. Tujuannya agar dokumen penting ini tidak tercecer dan dimanfaatkan oleh seseorang yang tidak berhak menggunakannya. Sesuai mekanisme dan prosedur, ada beberapa syarat untuk mengajukan permohonan paspor duplikasi (penggantian) paspor baru. Di antaranya:

a. Membuat laporan kehilangan paspor kepada kantor Kepolisian Republik Indonesia atau pihak yang berwenang apabila Anda berada di luar negeri
b. Apabila paspor Anda hilang diminta agar segera melapor ke kantor Imigrasi di mana pemegang berdomisili untuk meminta penggantian baru
c. Penggantian paspor hilang atau rusak dituangkan dalam kronologis melalui Berita Acara Pemeriksaan (BAP). Dalam permohonan ini, penerbitan paspor melalui persetujuan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM RI dalam hal ini Kepala Divisi Keimigrasian
d. Apabila dalam pemeriksaan ditemukan adanya unsur kecerobohan ataua kelalaian, disertai alasan yang tidak dapat diterima, penerbitan paspor duplikasi akan ditangguhkan selama enam bulan atau paling lama dua tahun (SK Ditjen Imigrasi RI Nomor F-458)
e. Apabila paspor hilang atau rusak di luar negeri, Anda diharap melapor kepada Perwakilan RI di luar negeri (KBRI atau KJRI)

Denda paspor karena hilang ada dua, yakni paspor dalam masa aktif atau sudah kedaluarsa. Jika paspor masih aktif dan hilang, maka pemegang akan dikenakan denda. Sedangkan jika paspor sudah kedaluarsa tidak dikenakan denda. Pengajuan permohona baru paspor hilang menyertakan surat keterangan hilang dari kepolisian, membawa KTP, KK, Akta Lahir atau Ijazah atau atau surat keterangan menikah (jika sudah menikah). Demikian penjelasannya.

Sugeng Fendah Hartanto, SH
Kabid Lalintuskim Klas I Khusus Batam

Tags
Paspor
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved