Bagaimana Prosedur Mengubah Status Kewarganegaraan?

Adapun pokok-pokok syarat permohonan status kewarganegaraan yang lain mengacu kepada UU Kewarganegaraan yang berlaku

Bagaimana Prosedur Mengubah Status Kewarganegaraan?
TRIBUN/GANJAR W

Pertanyaan:

Ubah Status Kewarganegaraan

Selamat malam Tribun Batam, bagaimana jika ingin mengubah status kewarganegaraan. Saya masih SMA dan memiliki dwi kewarganegaraan. Apakah bisa mengajukan paspor Indonesia saja? Mohon penjelasannya?
Pengirim: +628136576xxxx

Jawaban:

Tinggal Memilih Salah Satu Saja

Terima kasih atas pertanyaan yang diajukan. Menurut pendapat kami, sebagaimana diatur dalam pasal 23 huruf h UU Nomor 12 Tahun 2006 tentang Kewarganegaraan Republik Indonesia (UU Kewarganegaraan). Warga Negara Indonesia (WNI) akan kehilangan kewarganegaraannya jika yang bersangkutan memiliki paspor atau surat bersifat paspor dari negara asing dan masih berlaku di negara penerbitnya.

Indonesia menganut asas kewarganegaraan ganda terbatas, yaitu asas yang menentukan kewarganegaraan ganda hanya bagi anak-anak yang sesuai dengan ketentuan UU Kewarganegaraan. Ketentuan Pasal 6 ayat 1 UU Kewarganegaraan anak hasil perkawinan campuran yang belum berusia 18 tahun memiliki kewarganegaraan ganda terbatas. Saat usia anak 18 tahun, dia harus memilih salah satu kewarganegaraannya.

Intinya, UU Kewarganegaraan ini tidak mengizinkan WNI memiliki kewarganegaraan ganda. Selama Anda masih memegang paspor asing, maka Anda tidak bisa mengajukan permohonan paspor Indonesia. Ada beberapa persyaratan khusus yang mengatur Warga Negara Asing (WNA) apabila ingin mengajukan (menggugurkan) status kewarganegaraannya, di antaranya:

a. Sudah berusia 18 tahun atau sudah kawin
b. Pada waktu mengajukan permohonan, sudah bertempat tinggal di wilayah NKRI paling singkat selama lima tahun berturut-turut atau paling singkat 10 tahun tidak berturut-turut
c. Bisa berbahasa Indonesia, mengakui dasar negara Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d. Tidak pernah dijatuhi pidana karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara satu tahun atau lebih
e. Jika memeroleh kewarganegaraan RI tidak menjadi berkewarganegaraan ganda
f. Memiliki pekerjaan atau berpenghasilan tetap, sehat jasmani dan rohani

Menurut kami, berdasarkan pasal 9 huruf f UU Kewarganegaraan, apabila Anda ingin memeroleh kewarganegaraan Indonesia, maka salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah melepaskan kewarganegaraan salah satu. Adapun pokok-pokok syarat permohonan status kewarganegaraan yang lain mengacu kepada UU Kewarganegaraan yang berlaku. Demikian penjelasannya.

Sugeng Fendah Hartanto, SH
Kabid Lalintuskim Imigrasi Klas I Khusus Batam

Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved