Apakah Kegiatan Pramuka Diwajibkan Bagi Anak Sekolah?

Kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum 2013 menjadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib

Apakah Kegiatan Pramuka Diwajibkan Bagi Anak Sekolah?
Tribun Batam/Istimewa
Acara Pramuka di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang, Kamis (14/8/2014). 

Pertanyaan:

Kewajiban Ikut Pramuka Sekolah

Selamat siang Tribun Batam, mengapa ekstra kulikuler pramuka diwajibkan? Apakah jika jarak tempuh sekolah dengan rumah jauh tidak ada keringanan untuk tidak ikut pramuka? Mohon penjelasannya Pak?
Pengirim: +62856682043xx

Jawaban:

Pramuka Ajarkan Nilai-nilai Luhur

Terima kasih atas pertanyaan Anda. Kegiatan ekstrakurikuler Praja Muda Karana atau pramuka dalam kurikulum 2013 menjadi kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib. Kewajiban ini harus diikuti peserta didik di sekolah. Perlu dipahami bahwa kegiatan pramuka bukan menjadi mata pelajaran wajib melainkan menjadi kegiatan ekstrakurikuler yang diwajib diikuti oleh peserta didik di sekolah.

Ada dua hal yang menjadi alasan dalam menjadikan pramuka sebagai ekstrakurikuler wajib. Pertama, dasar legalitas dan undang-undangnya jelas. Undang-undang di sini adalah UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Kedua, pramuka mengajarkan banyak nilai. Mulai dari kepemimpinan, kebersamaan, kedisiplinan, sosial, kecintaan terhadap alam, sampai kemandirian.

Orientasi pengembangan kurikulum 2013 adalah tercapainya kompetensi yang berimbang antara sikap, keterampilan, dan pengetahuan. Di samping cara pembelajarannya yang holistik dan menyenangkan. Kurikulum 2013 disiapkan untuk mencetak generasi yang siap di dalam menghadapi masa depan. Dengan kegiatan pramuka di sekolah, diharapkan output peserta didik menjadi baik dan sesuai dengan nilai-nilai yang diajarkan pramuka.

Drs. Muslim Bidin, MM
Kepala Dinas Pendidikan Batam

Tags
pramuka
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved