Lamaran Kerja Sering Ditolak, Jangan Kecewa Coba Baca Kisah Pria Ini

Namanya Jack Ma. Ia adalah pendiri dan pemilik Alibaba Group, bisnis jual beli berbasis internet terbesar nomor tiga di dunia

Lamaran Kerja Sering Ditolak, Jangan Kecewa Coba Baca Kisah Pria Ini
Net
Jack Ma 

TRIBUNNEWSBATAM.COM - Resah, cemas, atau bahkan mulai putus asa karena kerap ditolak saat melamar kerja. Sebaiknya buru-buru tepiskan perasaan itu. Tahukah Anda apabila banyak orang yang sukses dalam kehidupannya, pada awalnya justru merupakan orang yang selalu gagal mencari pekerjaan?

Tidak percaya? Anda harus mengenal laki-laki ini. Namanya Ma Yun. Namun dunia lebih mengenalnya dengan nama lain, Jack Ma. Ia adalah pendiri dan pemilik Alibaba Group, bisnis jual beli berbasis internet terbesar nomor tiga di dunia.

Awal 2015, Bloomberg Billionaires Index dan Forbes, menempatkannya di jajaran multimilyuner. Dari keuntungan bisnisnya, Jack Ma mengumpulkan kekayaan bersih (setelah dipotong pajak dan pengeluaran lain seperti gaji karyawan dan sebagainya) sebesar 29,7 miliar US Dollar. Di Tiongkok, tanah kelahirannya, Ma merupakan orang terkaya nomor satu.

Tapi pernahkah Anda membayangkan, bahwa 15 tahun yang lalu, Ma cuma seorang lelaki kurus kering pengangguran yang kerap ditolak saat melamar kerja?

"Penampilan saya mungkin tidak pernah meyakinkan. Hingga mungkin para pewawancara, sudah mencoret nama saya, bahkan waktu saya baru membuka pintu ruangan wawancara. Saya bahkan ditolak oleh KFC. Saya ingat ada 24 orang pelamar dan yang gagal cuma saya," kata Ma dalam wawancara dengan Bussines Insider.

Jack Ma mengatakan ia mengingat persis secara detail kegagalannya di tak kurang 30 wawancara kerja. Ada belasan percobaan lain. Ia kemudian sempat berpikir untuk melamar jadi polisi, namun akhirnya diurungkan karena semua orang menertawakannya. Termasuk keluarganya.

Ketidakyakinan terhadap Jack Ma kembali mencuat saat ia mencoba memulai peruntungan di dunia bisnis internet. Bisnis jual beli uang dan saham lewat web bernama Alipay (cikal-bakal Alibaba).

"Waktu itu, kembali saya ditertawakan. Tapi kali ini saya tak mundur. Bersama kawan saya, kami maju terus. Dan ternyata, keberuntungan memihak kami," ujarnya.

Jadi bagaimana? Masih mau putus asa hanya gara-gara lamaran kerja Anda ditolak?

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved