Ruang Mesin Kapal Kargo Terbakar, 15 Awak Kapal Dievakuasi

Kapal yang berukuran 1.116 gross tons ini mengangkut 15 awak kapal, termasuk nakhoda. Kapal ini terbakar pada ruang mesin.

Ruang Mesin Kapal Kargo Terbakar, 15 Awak Kapal Dievakuasi
TRIBUNNEWSBATAM.COM/Ahmad Yani
Kapal kargo tanpa muatan, MV Sarina Andalas berbendera Indonesia terbakar di posisi 1,5 mil laut pantai Sekera, Tanjunguban, Bintan, Minggu (12/4/2015). 

Laporan Tribunnews Batam Ahmad Yani

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BINTAN - Kapal kargo tanpa muatan, MV Sarina Andalas berbendera Indonesia terbakar di posisi 1,5 mil laut pantai Sekera, Tanjunguban, Bintan, Minggu (12/4/2015). Seluruh awak kapal selamat, tidak mengalami luka.

Kapal yang berukuran 1.116 gross tons ini mengangkut 15 awak kapal, termasuk nakhoda. Kapal ini terbakar pada ruang mesin.

Humas KPLP Tanjunguban Sukatno, mengatakan, KPLP mengerahkan tiga kapal bantuan. Dan melakukan pendataan awak kapal.

"Nakhoda atas nama Bertje N Pongoh, kepala kamar mesin atas nama Annas Fardiansyah, bersama 13 awak kapal lainnya semuanya selamat. Tidak mengalami luka apapun," kata Sukatno.

Kronologis kejadian, kapal berangkat dari Batam, tujuan Jakarta, Minggu jam 16.30. Pada jam 20.30 kepala kamar mesin Annas Fardiansyah, mencium bau asap pada kamar mesin. Ia segera memeriksa kamar mesin, dan didapatinya terjadi kebakaran.

Annas Fardiansyah segera mematikan mesin kapal, melaporkan kejadian kebakaran kepada nakhoda Bertje N Pongoh.

Nakhoda segera melaporkan kepada agen kapal PT Snepac Shipping. Dan agen melanjutkan laporannya kepada Syahbandar dan Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPlP) Tanjunguban.

Dengan alat pemadam api ringan para awak kapal berusaha meminimalisir kebakaran, sehingga hanya berada di kamar mesin. Tidak merembet ke kamar-kamar lain. 30 menit kemudian, 15 petugas KPLP Tanjunguban dengan
tiga kapal, KN 323, KN 464, KN 543 memberikan pertolongan dengan memadamkan api secara total.

15 awak kapal tidak mengalami luka, dan tetap tinggal di kapal, yang sudah dipadamkan. Selanjutnya para awak melakukan perbaikan mesin kapal, di lokasi 1,5 mil laut, pantai Sekera Tanjunguban. Saat ini kapal masih dalam perbaikan.

Sukatno menjelaskan, nama-nama 13 awak kapal lainnya, Dedy guguraty, Edy Syahroni, Dadang. Yonas Sampe Rerung, Imam Mujiono, Wahyu Mahendro. Sunarto, Agung Ganang Purwanto. Usup Bahtiar, Sungging Budiardi, Bambang
Agus Prayitno. Oskar Tonapa dan Agus Surono.

Sukatno, memperkirakan, kapal sudah bisa dioperasikan normal kembali dalam satu dua hari ini.

Pj Kepala Operasional KPLP Tanjunguban, Desi Susanti mengatakan, penyebab terjadinya kebakaran masih dalam penyelidikan. "Masih dalam penyelidikan," kata Desi.

Tags
kapal
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved