Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Mengganti Velg

Mengganti velg sama seperti mengorbankan kenyamanan

Perhatikan Hal-hal Ini Sebelum Mengganti Velg
TRIBUN BATAM/ARGI
Staf CAG memperlihatkan beragam Velg beberapa waktu lalu 

Laporan Tribunnews Batam, Dewi Haryati

TRIBUNNEWSBATAM.COM, BATAM - Lain halnya kaca film yang bersifat sebagai aksesoris atau tambahan pada mobil, velg termasuk bagian penting dari sebuah kendaraan.

Berbentuk lingkaran dengan desain logam yang bertepi, velg diibaratkan sebagai bantalan pada ban yang berfungsi sebagai penyangga. Velg menjadi satu kesatuan dengan ban, mengurangi goncangan kendaraan. Terlebih lagi di saat mobil melewati medan-medan terjal dan bebatuan.

Selain bawaan dari pabriknya, di showroom-showroom mobil juga banyak yang memasarkan velg dengan beragam model. Bagi penghobi otomotif, khususnya anak muda, tak jarang sering menggonta-ganti velg mobilnya dengan beberapa alasan. Salah satu agar kendaraan terlihat lebih menarik 'eye catching' atau sporty ataupun stylish.

Namun ternyata, mengganti velg pabrikan dengan velg lain secara asal-asalan juga memiliki sisi negatif. Seperti yang dikatakan Manager Central Auto Gallery di Sukajadi, Umar.

"Mengganti velg sama seperti mengorbankan kenyamanan," kata Umar kepada Tribun beberapa waktu lalu.

Tak sedikit mereka yang mengganti velg kendaraan berujung pada kerugian bagi pemilik kendaraan. Itu sebabnya, untuk penggantiannyapun perlu memperhatikan beberapa hal. Umar membagi tipsnya.

"Ukuran velg tidak boleh terlalu jauh dari ukuran velg asli kendaraan," katanya.

Penggantian velg yang tak sesuai ukuran velg asli kendaraan, lanjutnya dapat berpengaruh pada akselarasi mobil. Tarikan mobil menjadi berat. Di samping itu juga dapat berakibat boros bensin.

"Makanya perlu dipertimbangkan plus-minusnya mengganti velg supaya tidak menyesal di kemudian hari," ujarnya.

Untuk standar mobil, biasanya ukuran velg berkisar 16-18 inchi. Sedan, 18-20 inchi, mobil SUV berkisar 18-24 inchi, dan MPV 16-20 inchi.

"Satu kesalahan anak muda yang sering terjadi, mereka suka mengganti velg kendaraan ukuran 16, misalnya. Menjadi ukuran 22,24. Kalau mau menggantipun semestinya, tidak terlalu jauh. Dari 16 ke 17," saran Umar.

"Ada juga yang ukurannya velg-nya sudah sama, tapi velg penggantinya terlalu lebar. Itu juga dapat mempengaruhi akselarasi, daya tarik menjadi berat," sambungnya.

Selain memperhatikan ukuran velg, yang tak kalah perlu diperhatikan, yakni memilih produk yang berkualitas. Jangan sampai mengganti velg hanya sekadar ingin tampil menarik, namun tidak memperhatikan keselamatan pengendara dan penumpangnya.

Tags
Velg
Editor: Rio Batubara
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved