Bank Sampah Milik Warga Bantu Kurangi Kinerja TPA

Sampah, masih menjadi persoalan yang belum dapat teratasi secara maksimal.

Bank Sampah Milik Warga Bantu Kurangi Kinerja TPA
Tribun Batam/ Anne Maria
DOK-Ilustrasi Bank sampah

Laporan Tribun Batam, M Sharih

TRIBUNNEWSBATAM.COM, KARIMUN - Sampah, masih menjadi persoalan yang belum dapat teratasi secara maksimal.

Kekurangan sarana prasarana membuat sampah yang dibuang masyarakat di TPS (tempat pembuangan sampah sementara), masih belum sepenuhnya tertata baik.

Dampaknya, sampah di beberapa titik TPS yang biasanya disediakan kontainer, menjadi menumpuk dan beberapa titik TPS lainnya malah berceceran sampah.

“Selain itu, TPA kita saat ini sedang dalam proses pembenahan, ada pembangunan sanitary landfill. Jadi dari 3 hektare, yang tersisa untuk menampung sampah hanya 1 hektare saja. Itu yang membuat daya tampung TPA kita rendah, dan sampah banyak tak dapat terangkut,” kata Tri Zaldi, Kepala Sub Bidang Penataan Pengelolaan TPA Badan Kebersihan dan Pertamanan Karimun.

Sebenarnya, tambah Tri Zaldi, daya tampung sampah di TPA sebelum puasa masih dapat teratasi. Rata-rata sampah yang masuk ke TPA sekitar 80 ton per harinya. Saat itu, sebutnya, peran masyarakat cukup besar dengan dapat memanfaatkan bank sampah.

“Waktu belum ada bank sampah, volume sampah per hari mencapai 120 ton per hari. Setelah bank sampah bergulir dan masyarakat ikut berperan, volume sampah ke TPA turun sekitar 80 ton per hari saja. Sekarang pascalebaran, naik lagi jadi 120 ton lagi per hari,” ungkapnya.

Peran masyarakat di antaranya dengan ikut memilah-milah jenis sampah yang bisa kembali dimanfaatkan, bisa didaur ulang dan bisa kembali digunakan atau dengan prinsip 3 R, reduce, reuse dan recycle.

Jenis sampah dengan 3R ini dikirim ke bank sampah. Dari aktivitas masyarakat inilah, kata Tri Zaldi, volume di TPA dapat dikurangi.

“Tapi akhir-akhir ini, gairah orang ke bank sampah berkurang. Dampaknya di TPA sekarang volume sampah-sampah seperti dari kaleng bekas minuman, plastik-plastik, menumpuk,” katanya.(*)

Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved