Breaking News:

Pilkada Lingga 2015

BKD Ingatkan PNS di Lingga untuk Netral

Namun demikian bukan berarti ASN tidak memiliki hak pilih,"

istimewa
Ilustrasi menggunkan hak suara oleh pemilik suara 
Laporan Tribunnews Batam, Ian Sitanggang
TRIBUNNEWSBATAM.COM, LINGGA - Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Lingga, akan menindak tegas oknum pegawai negeri sipil (PNS), apabila terbukti ikut berpolitik praktis.
Syamsudi, Kepala BKD Lingga menuturkan, pihaknya telah membuat edaran tentang himbauan tersebut melalui perintah Sekda, kepada seluruh jajaran PNS yang ada di bawah naungan BKD Lingga. 
"Pegawai kita semuanya sudah tahu kalau mereka harus netral dan tidak dibenarkan berpolitik praktis. Kita sudah edarkan itu melalui perintah Sekda," kata Syamsudi Kamis (8/10/2015).
Bedasarkan PP nomor 53 tahun 2010, dijelaskan Samsudi, telah diatur tentang kedisiplinan ASN, termasuk juga larangan berperan aktif dalam berpolitik praktis dalam penyelenggaraan Pemilu.
"Namun demikian bukan berarti ASN tidak memiliki hak pilih," katanya.
Dia menjelaskan, yang diatur dalam undang-undang ASN tersebut adalah Pegawai dilarang berpolitik praktis. Pasalnya seorang pegawai memiliki pengaruh didalam dinas masing-masing.
"Contohnya seorang kepala dinas dia bisa mempengaruhi bawahannya, baik secara jabatan maupun kebijakan," jelasnya.
Dia mengatakan, politik praktis ASN merupakan pelanggaran disiplin berat, yang sanksinya mulai dari penurunan pangkat, pemberhentian dengan hormat, ditunda kenaikan pangkat hingga diberhentikan.
"Tergantung tingkat pelanggarannya," tegas Syamsudi.(*)
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved