Pangkas Pungli, REI Batam Minta Pemko Aktifkan Pembayaran Online di PTSP

‎Pemko Batam diminta segera menerapkan sistem online pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Pangkas Pungli, REI Batam Minta Pemko Aktifkan Pembayaran Online di PTSP
Warta Kota/Angga Bhagya Nugraha
Ilustrasi PTSP 

Laporan Tribunnews Batam, Anne Maria

TRIBUNNEWSBATAM.COM, ‎BATAM- ‎Pemko Batam diminta segera menerapkan sistem online pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

Hal tersebut yang dikemukakan anggota Dewan Pertimbangan DPD Real Estate Indonesia (REI) Kota Batam, Onward Siahaan beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan sistem online diharapkan dapat menyinergikan dengan perizinan yang sudah dijalankan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

Menurut Onward, sistem online juga dapat memangkas potensi pungutan liar (pungli) di Badan Penanaman Modal dan PTSP Batam.

‎"PTSP tanpa sistem online tidak akan banyak membantu pengembang di Batam. Kita minta Pemko Batam, membuat sistem di PTSP menjadi sistem online," ujar Onward.‎

Menurut anggota Komisi II DPRD Provinsi Kepri ini, dengan sistem online, pegawai di PTSP juga lebih mudah memproses dokumen perizinan. Selain itu, sistem online pun dapat mengurangi tatap muka. Serta memudahkan terjadi transaksi diluar pajak dan retribusi daerah.

"Kalau sistem online, kita bisa langsung lihat dokumen perizinan yang diajukannya sudah lengkap atau belum. Kalau sudah lengkap, berapa lama kita tunggu," kata dia.

Onward mengatakan pelayanan di BPM dan PTSP Pemko Batam saat ini tidak pro investasi. Apalagi dengan sistem yang ada saat ini, membutuhkan pengurusan perizinan hingga beberapa bulan.

"Itu tidak pro investasi, kita banyak menerima dari anggota REI," kata dia lagi.‎

Halaman
12
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved