Gary Ross Dahl Jadi Milyarder Setelah Jual Batu "Peliharaan"

Penemuannya gilanya, membuat Ia menjadi milyarder. Seperti namanya, ‘Pet Rock’ adalah batu peliharaan.

Gary Ross Dahl Jadi Milyarder Setelah Jual Batu
odditycentral.com
Gary Ross Dahl, dikenang atas penemuan ‘Pet Rock’ tahun 1970an. Penemuannya gilanya, membuat Ia menjadi milyarder. Seperti namanya, ‘Pet Rock’ adalah batu peliharaan. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM - Gary Ross Dahl, dikenang atas penemuan ‘Pet Rock’ tahun 1970an. Penemuannya gilanya, membuat Ia menjadi milyarder. Seperti namanya, ‘Pet Rock’ adalah batu peliharaan.

Ide menjual batu diawali pada pertengahan tahun 70an. Ia minum di bar lokal di Los Gatos, California, kemudian mendengar orang berkeluh kesah mengenai hewan peliharaannya.

Mereka mengalami kesulitan untuk memberi makan, membersihkan kandang, dan merawat hewan peliharaan.

Mendengar itu, Gary menyambar pembicaraan dan menyatakan bahwa dirinya tidak mengalami kesulitan dengan hewan peliharaannya.

“Saya memiliki batu hewan peliharaan” katanya pada kerumunan orang, yang dikutip dari Odditycentral.

Setelah itu Gary memutar otak, hingga akhirnya Ia menciptakan sebuah bisnis baru.

Gary menemukan dua investor, kemudian membeli sekotak batu halus dari Meksiko. Ia memikirkan bagaimana mengemas batu tersebut dengan indah.

Ia melakukan banyak percobaan, hingga akhirnya merancang kardus dengan lubang udara untuk ‘hewan peliharaan’ bernapas. Batu tersebut diletakkan dalam kotak, di atas tempat tidur dari serutan kayu lunak.

Ia juga menambahkan buku petunjuk perawatan batu peliharaan, termasuk cara memberi makan.

“Jika Anda mengeluarkan batu dari kandangnya, dia akan senang. Letakkan saja di atas Koran. Dia tidak akan bergerak sampai Anda memindahkannya” kata Gary.

Gary memiliki trik marketing yang bagus, sehingga ‘Pet Rock’nya mengalami kesuksesan yang besar. Setelah rilis pada tahun 1975, Ia berhasil menjual 1,5 juta batu dengan $ 3,95 masing-masing.

Namun sayangnya bisnisnya mulai memburuk setelah banyak orang mulai menjual batu dengan kemasan yang lebih menarik. Ia kemudian bangkrut karena digugat oleh investornya.

Kebangkrutan Gary tidak membuatnya menyerah, Ia kembali ke dunia Iklan dan menulis buku berjudul Advertising for Dummies yang terbit pada 2001. (odditycentral.com/mg2)

Editor: Rio Batubara
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved