KALEIDOSKOP KEPRI 2015

Kaleidoskop 2015: Kelabuhi Petugas, Tanker Mafia Minyak Bergonta-ganti Nama Kapal

"Penangkapan ini hasil pengembangan penangkapan kapal MT Urban Success sebelumnya. Kita menangkap satu unit kapal tanker lagi bernama MT VIRGO,

Kaleidoskop 2015: Kelabuhi Petugas, Tanker Mafia Minyak Bergonta-ganti Nama Kapal
tribunnews batam/argianto
Dok - Tanker MT URBAN SUCCESS GT 740 bermuatan solar diduga ilegal yang diamankan Polda Kepri, Minggu (26/4/2015).. 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Tertangkapnya kapal MT Urban Success GT 740 oleh satuan Polisi Perairan (Polair) Polda Kepri, pada 24 April lalu, ternyata tidak membuat jera para mafia minyak.

Sebab, sepekan setelah penangkapan kapal tanker tersebut, Kamis (30/4), giliran kapal tanker MT Virgo yang ditangkap di perairan Tanjung Kampe, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

Tertangkapnya kapal tersebut semakin menguak bisnis ilegal penyelundupan minyak dari Indonesia ke luar negeri, teruatama Malaysia maupun Singapura.

Dari penangkapan tanker itu, tiga anak buah kapal ditangkap. Juga barang bukti berupa minyak jenis premium, nafta, light crude oil dan (LCO) marine fuel oil (MFO), ikut diamankan ke markas Polair Polda Kepri di Sekupang.

"Penangkapan ini hasil pengembangan penangkapan kapal MT Urban Success sebelumnya. Kita menangkap satu unit kapal tanker lagi bernama MT VIRGO," kata DirPolair Polda Kepri, Kombes Polisi Hero Henriyanto Bachtiar melalui Kepala Sub Direktorat Penegakan Hukum Polair (Kasubditgakum) Polair Polda Kepri, AKBP I Made di Sekupang, Selasa (5/5/2015).

Tertangkapnya MT Virgo ini setelah penyidik mencecar nahkoda kapal MT Urban Success berinisial YS.

YS mengaku kepada penyidik bahwa BBM yang dimuat di dalam kapalnya itu disuplai dari kapal MT Virgo.

"Setelah menggali informasi tersebut, kita bersama 6 orang anggota Kasubditgakum langsung menuju ke Palembang," katanya.

Saat melakukan perburuan ke Palembang, kapal tersebut sengaja disembunyikan oleh para kawanan pelaku.

Polair kemudian melakukan penyisiran dan kapal berhasil ditemukan di Pulau Kampe, Palembang.

Halaman
123
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved