Aturan Jam Kerja Baru, Tak Ada Jam Istirahat, Pegawai Pemkab Anambas Pulang Lebih Cepat

Alasannya, ada oknum pegawai yang mencuri waktu istirahat makan siang, dan kembali lagi ke kantor saat hendak pulang

Aturan Jam Kerja Baru, Tak Ada Jam Istirahat, Pegawai Pemkab Anambas Pulang Lebih Cepat
tribun/septyanmuliarohman
Kantor Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, ANAMBAS -  Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Anambas kembali menerbitkan surat edaran jam kerja bagi pegawai Pemkab Anambas.

Meski jam pulang pegawai lebih cepat 30 menit dari jam kerja biasanya, namun dalam pengaturan jam kerja yang baru, diketahui tidak ada lagi pemberlakuan jam istirahat bagi pegawai Pemkab Anambas.

Pelaksana Tugas Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas Rusmanda mengatakan, surat edaran bernomor 15/Keh.KKA.800/12.15 tentang jam kerja itu dikeluarkan mengingat adanya sejumlah pegawai yang kerap mencuri waktu istirahat dengan berlebihan.

Tidak hanya itu, pemberlakuan jam kerja baru itu, dilakukan setelah adanya evaluasi khususnya kepada sejumlah pegawai yang rumahnya berada di luar Tarempa sehingga harus menyeberang.

"Ada beberapa hal. Salah satunya terkait oknum pegawai yang mencuri waktu istirahat makan siang, dan kembali lagi ke kantor ketika hendak pulang.

Selain itu ada juga masukan dari setiap SKPD, termasuk pegawai yang bertugas di pulau-pulau," ujarnya kepada sejumlah awak media Rabu (6/1/2016).

Rusmanda menambahkan, pemberlakuan jam kerja baru ini efektif mulai diterapkan sejak 2 Januari 2016.

Adapun, untuk pegawai pada tingkat kecamatan, diakui Rusmanda masih mengikuti jam kerja lama dengan pulang pukul 16:30 WIB.

Meski tidak terdapat jam istriahat pada pemberlakuan jam kerja di tahun 2016 ini, namun BKD tidak melarang pegawai yang ingin berhenti sejenak dari aktivitasnya untuk melaksanakan ibadah atau pun makan siang.

Meski demikian, ia menegaskan hal itu jangan sampai membuat pelayanan administrasi khususnya yang berkenaan dengan masyrakat menjadi terganggu.

"Pegawai yang ingin pulang kembali lagi kepada pimpinan SKPD masing-masing dalam mengatur kebijakannya.

Yang jelas, jangan sampai menggangu pelayanan kepada masyarakat. Jam istirahat ini, diberlakukan hanya untuk hari Jum'at terhitung pukul 11:30-13:00 WIB. Kalau jam kerja dahulu kan, istirahat mulai pukul 12:00-13:00 WIB," katanya.(*)

Penulis: Septyan Mulia Rohman
Editor: nandrson
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved