Tunggak Biaya Kuliah Rp 1,2 M, Puluhan Mahasiswa Uniba Asal Nias Selatan Terancam Dikeluarkan

Puluhan mahasiswa/i yang disekolahkan Pemda Kabupaten Nias Selatan (Nisel),Sumatera Utara (Sumut) di Uniba angkatan 2014 dan 2015 terancam dikeluarkan

Tunggak Biaya Kuliah Rp 1,2 M, Puluhan Mahasiswa Uniba Asal Nias Selatan Terancam Dikeluarkan
ISTIMEWA
Ratusan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Batam (Uniba). 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM- Puluhan mahasiswa/i yang disekolahkan Pemda Kabupaten Nias Selatan (Nisel), Sumatera Utara (Sumut) di Universitas Batam (Uniba) angkatan 2014 dan 2015 terancam putus di tengah jalan.

Sebab, biaya kuliah mereka yang dibebankan pada ABPD oleh Pemkab Nisel mengalami penunggakan pembayaran kepada pihak Uniba.

Uang saku bagi mahasiwa juga tidak diberikan Pemkab.

Orang tua beberapa mahasiswa mengatakan, Pemda sebelumnya telah menjajikan kepada mereka bahwa anak-anak mereka yang terpilih sekolah di Uniba adalah tidak dibebankan apapun alias gratis, mulai dari belanja setiap hari sampai uang kuliah selama mereka kuliah hingga tamat dan memperoleh ijazah di Yayasan Griya Husada itu.

"Pada dasarnya dijanjikan kepada kami gratis. Setelah kami telisik dan anak-anak kami rasakan, mereka telah diberikan surat pemberitahuan oleh pihak kampus bahwa uang kuliah dan biaya yang timbul sudah terjadi penunggakan oleh Pemda. Artinya kami orang tua jadi pusing memikirkan hal ini. Bukan perkara kecil, tapi perkaranya sangat besar," kata orang tua yang meminta namanya tidak dipublikasikan kepada Tribun Batam beberapa waktu lalu.

Rata-rata mahasiswa Nisel yang kuliah mengambil jurusan yang berbiaya mahal seperti kedokteran, perawat, dan kebidanan plus.

Ditambah lagi biaya asrama yang terbilang mahal.

"Mohon kepada media untuk mengangkat aspirasi kami para orang tua. Agar Pemda Nias Selatan bertanggung jawab atas nasib anak kami yang telah dijanjikan. Biar dibaca sampai ke pusat betapa perih janji manis yang tidak ditepati,"tambah orang tua mahasiswa tersebut.

Atas itu, dua anggota Komisi B DPRD Nias Selatan sudah menggelar kunjungan kerja (Kunker) langsung ke Uniba di Batam pada Jumat (5/6/2016).

Mereka adalah Yurisman Laia, dan Kariaman Maduwu.

Halaman
12
Penulis: Leo Halawa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved