Breaking News:

Putut Prabantoro: Kilang LNG Harus Dibangun di Darat

Mengingat, Blok Masela merupakan batas nyata kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Australia yang dipisahkan oleh lautan.

Istimewa/Net
Ilustrasi 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Keberadaan Blok Masela tidak hanya sekedar urusan bisnis, tetapi lebih daripada itu. Oleh karena itu, kilang LNG harus didirikan di darat untuk memastikan bahwa blok Masela berada dalam kendali dan kuasa pemerintah Indonesia.

Mengingat, Blok Masela merupakan batas nyata kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Australia yang dipisahkan oleh lautan.

Selain itu, dari kacamata UUD 1945, manfaat yang setinggi-tingginya bagi kemakmuran rakyat Indonesia terutama masyarakat yang menjadi bagian tak terpisahkan dengan Blok Masela, jika kilang LNG itu berada di darat.
Demikian ditegaskan mantan Penasehat Ahli Kepala BPMigas Bidang Komunikasi, AM Putut Prabantoro dalam rilis yang diterima Tribun, Senin (29/2/2016).

Putut Prabantoro juga menjelaskan, Blok Masela yang terletak di Laut Arafura memiliki posisi yang sangat strategis bagi batas nyata wilayah kedaulatan negara Indonesia yang posisinya berbatasan dengan Australia.

Blok tersebut adalah penanda batas nyata atas garis maya batas laut Indonesia dan Australia.

Dalam ilmu kemaritiman, batas wilayah laut adalah garis maya yang tidak bisa dikuasai dan hanya bisa dikendalikan.

Karena Masela terletak pada garis maya laut, batas wilayah Indonesia itu menjadi nyata ketika Blok Masela berdiri, sehingga harus dikuasai.

“Oleh karena itu, keberadaan Masela sebagai batas nyata kedaulatan wilayah laut harus dikuasai oleh pemerintah Indonesia melalui pembangunan kilang di darat. Hal yang sama dengan industri migas di Kepulauan Natuna yang berbatasan langsung dengan Laut China Selatan,” ujar Putut Prabantoro yang juga Staf Ahli (POKJA) Badan Keamanan Laut (Bakamla) Bidang Komunikasi Publik itu.

Penguasaan atas wilayah laut dan batas maya laut itu akan semakin nyata, demikian dijelaskan lebih lanjut oleh Putut, jika kilang Blok Masela berada di daratan.

Jika kilang dibangun di laut, dipertanyakan negara mana yang akan mengendalikan batas wilayah kedaulatan Indonesia – Australia.

Halaman
12
Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved