Disparbud Tanjungpinang Bentuk 18 Kelompok Sadar Wisata, Ini Tujuannya

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang membentuk kelompok sadar wisata.

Disparbud Tanjungpinang Bentuk 18 Kelompok Sadar Wisata, Ini Tujuannya
istimewa/reproikhwan
Perspektif Gedung Kuliner yang akan dibangun Pemko Tanjungpinang di Tepi Laut 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, TANJUNGPINANG- Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang membentuk kelompok sadar wisata.

Kelompok sadar wisata ini berjumlah 18 kelompok yang berada di setiap kelurahan se-Kota Tanjungpinang.

Juramadi Esram Kepala Disparbud Kota Tanjungpinang mengatakan, saat ini dari 18 kelompok sadar wisata ini baru satu yang sudah dikukuhkannya yaitu kelompok sadar wisata Kelurahan Dompak.

"17 kelompok lainnya kita masih cari waktu mengukuhkan. Kemungkinan akan kita kukuhkan secara serentak bertepatan pada event Gawai Seni awal April nanti," katanya, Senin (7/3/2016).

Menurutnya, kelompok sadar wisata ini terdiri dari orang-orang yang peduli pariwisata di setiap kelurahan baik pemuda dan tokoh masyarakat setempat.

Adapaun tugas kelompok sadar wisata diantaranya untuk mengidentifikasi objek wisata, baik wisata buatan maupun wisata alam di lingkungan kelurahannya.

Objek wisata tersebut bisa berupa pusat ekonomi kreatif, aktraksi wisata, sangggar seni tradisonal maupun moderen dan lain-lainnya.

"Jadi nanti setelah diidentifikasi tempat-tempat yang memiliki karaktristik akan dijadikan kampung pariwisata. Seperti Kampung Bulang itu sudah cocok. Karena ada atraksi wisata. Cuma selama ini masih dilakukan secara lokal," katanya.

Menurutnya, kelompok sadar wisata ini nantinya juga akan mengedukasi masyarakat agar sadar dan peduli wisata.

Meskipun tidak digaji atau diberi honor, Juramadi berharap kelompok ini bisa bekerja membantu menjadikan kepariwisataan Tanjungpinang lebih maju.

Sebab, sampai saat ini sektor pariwisata masih sangat potensial untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungpinang. (*)

Penulis:
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved