Melalui Bank Sampah, Solihin Mampu Pekerjakan Enam Pegawai

"Tujuan kami, bagaimana agar sampah ini memiliki manfaat. Tentu punya tujuan mulia. Kami juga ingin melestarikan kota ini dari sampah,"

Melalui Bank Sampah, Solihin Mampu Pekerjakan Enam Pegawai
Tribun Batam/Leo
Bank Sampah Milik Solihin 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, BATAM - Polemik persampahan yang ada di Kota Batam, hingga kini masih menjadi problem bersama.

Selain mengganggu estetika kota, Sampah juga dapat mengganggu kesehatan warga sekitar.

Untuk itu, warga RT 01 RW 01, Kelurahan Tanjungsengkuang, Kecamatan Batuampar membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) yang dinamakan 'Bank sampah (SJA)' yang digagas oleh Solihin.

Solihin saat ditemui Tribun Batam mengatakan, saat ini telah memiliki enam karyawan yang terdiri dua kaum ibu dan empat lainnya laki-laki.

"Tujuan kami, bagaimana agar sampah ini memiliki manfaat. Tentu punya tujuan mulia. Kami juga ingin melestarikan kota ini dari sampah," katanya, Kamis (24/3/2016) siang.

Bank sampah itu sendiri, sudah banyak diketahui masyarakat Batam. Bahkan beberapa waktu lalu telah dikunjungi oleh para mahasiswa Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam, Perguruan Tinggi Ibnusina Batam, Universitas Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang dan juga anggota DPRD Kota Batam.

"Kami membuat ini atas dasar inisiatif sendiri setelah ada program dari Pemerintah Kota Batam beberapa tahun lalu. Jenis sampah yang kita tampung ada dua. Yakni sampah organik dan non organik," terangnya.

Sampah organik saat ini sedang diolah hingga menghasilkan pupuk organik. "Sedangankan non organik kami jual," katanya.

Wadah ini juga sudah memiliki beberapa alat untuk mendukung program kerjanya. Seperti mesin yang mengolah sampah organik menjadi pupuk dan lainnya.

Solihin menyebut dengan adanya kegiatan itu ia berharap masyatakat dapat membuat hal serupa.(*)

Penulis: Leo Halawa
Editor:
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved