Panama Papers

Mengapa Nyaris tak Ada Nama Orang Ternama Amerika Serikat dalam Panama Papers?

Mengapa nyaris tak ada nama orang Amerika Serikat ternama di sana?

Mengapa Nyaris tak Ada Nama Orang Ternama Amerika Serikat dalam Panama Papers?
indianexpress
Patung Liberty 

BATAM.TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON DC — Beredarnya dokumen "Panama Papers" yang memuat kekayaan tersembunyi para tokoh ternama membuat berbagai negara, mulai dari Rusia, China, hingga Inggris dan Islandia, heboh.

Di dalam dokumen itu, nama-nama politisi, pengusaha, atlet, dan aktris papan atas tercantum dengan jelas.

Pertanyaannya, mengapa nyaris tak ada nama orang Amerika Serikat ternama di sana?

Sejauh ini, dalam dokumen yang bocor dari kantor firma hukum Mossack Fonseca ini memang tak terdapat nama taipan atau politisi ternama AS.

Memang ada nama Davd Geffen, pemilik perusahaan rekaman Asylum Record dan salah seorang pendiri perusahaan film Dreamworks-SKG.

Namun, tak ada nama-nama warga AS yang bisa disetarakan dengan PM Islandia atau kawan dekat Presiden Rusia yang tercantum dalam Panama Papers, setidaknya hingga saat ini.

"Banyak nama warga AS (dalam Panama Papers), tetapi mereka lebih seperti warga swasta," kata Marina Walker Guevara, Wakil Direktur Konsorsium Jurnalis Investigasi Internasional (ICIJ) yang mengordinasi investigasi dokumen ini.

Namun, lanjut Marina, minimnya nama warga AS dalam Panama Papers bukan berarti warga negeri itu sudah sangat transparan dalam hal transaksi keuangan.

"Kondisi ini tidak berarti warga AS tidak terlibat dalam sistem keuangan offshore ini. AS sebenarnya adalah pemain yang sangat besar," kata Marina.

Salah satu penyebab lain minimnya nama warga AS dalam Panama Papers adalah warga AS tak menganggap Panama sebagai "surga pajak" saat menyembunyikan kekayaan di luar negeri.

Halaman
123
Editor:
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved